OJK Ambil Alih Pengawasan Koperasi

 376 total views,  2 views today

ojk

PALEMBANG – Mulai 1 Januari 2015 mendatang, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional V Sumatera, akan melakukan pengawasan lembaga keuangan koperasi yang bernaung di bawah Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Direktur Pengawasan OJK Regional V Sumatera, Lukdir Gultom mengatakan, untuk tahap awal mulai memperkenalkan diri tugas dan fungsi (tupoksi) OJK ke Pemkot Palembang.  “Tahun 2015 mendatang, koperasi masuk dalam pengawasan OJK. Karenanya kewenangan inilah, yang kita sosialisasikan ke pemkot,” kata Lukdir yang dibincangi di Pemkot Palembang, Rabu (12/3).

Lukdir mengatakan, untuk pengawasan regular keuangan di koperasi tingkat kota , pihaknya tidak berkerja sendiri melainkan mengandeng Pemkot Palembang. “Sumber Daya Manusia (SDM) kita terbatas, kalau untuk mengawasi semua koperasi yang ada di seluruh Indonesia. Untuk itulah, kita dalam rangka silahtuhrahmi ini selain memperkenalkan diri fungsi pokok kerja kita, juga mengajak kerja sama,” bebernya.

Sambung Lukdir, untuk langkah awal, pihaknya akan memberikan pelatihan teknis kepada pengurus koperasi, yang nantinya akan melakukan pengawasan regular per triwulan. “Kita masih akan koordinasikan lagi seperti apa pengawasannya, yang pasti melalui Ketua Dewan Komisioner OJK pusat, telah mengirimakan surat kerja sama kepada semua gubernur di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, langkah awal yang dilakukan OJK ini akan membantu pengawasan koperasi simpan pinjam. Menurutnya pertumbuhan koperasi di metropolis, sangat pesat.

“Selama ini pengawasan keuangan dibawah naungan Bank Indonesia (BI), kedepannya OJK akan melakukan pengawasan. Mereka sudah memperkenalkan diri, akan fungsi dan tugas pokok mereka, termasuk pengawasan koperasi simpan pinjam,” tukasnya.

 

TEKS            : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster