Lahan Gambut Disulap jadi Area Padi

 199 total views,  2 views today

KAYUAGUNG – Manajemen PT Bumi Mekar Hijau (BMH), perusahaan yang bergerak di bidang Hutan Tanaman Industri (HTI) menargetkan mampu membuka tanaman padi sebanyak 2.000 hektar (ha) di area tanaman kehidupan yang dibina oleh PT BMH di Desa Riding Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Rabu (12/3).

Hal tersebut dikatakan Direktur Utama PT BMH Jonatan Ginting saat panen raya padi hasil pemanfaatan area tanaman kehidupan distrik Biyuku Desa Riding yang dulunya lahan gambut kini menjadi lahan untuk menanam padi.

“Saat ini area tanaman kehidupan disekitar PT BMH seluas 481 hektar saat ini yang sudah tanam dan sudah menghasilkan seluas 382 ha. Kedepan luas tanam harus kita tambah, dan kita targetkan tahun depan mampu tanam seluas 2.000 ha,” harap Jonatan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumsel Amrozi menyatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah memberikan perhatian penuh terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Kami berikan apresiasi terhadap PT BMH yang telah membantu perekonomian masyarakat di resang merah Desa Riding. Ini belum tersentuh bantuan pemerintah tetapi sudah mampu menghasilkan pendapatan bagi penduduk setempat,” tutur Amrozi.

Masih kata Amrozi, semua hal tersebut atas bimbingan PT BMH. Kedepan Pemerintah Provinsi Sumsel akan memberikan bantuan, berupa bibit, pupuk dana alat pertanian, nanti saya akan laporkan ke gubernur bisa dibantu alat penggilingan padi,” katanya.

Sementara itu, Asisten II Setda OKI H Rosidi, mengucapkan terima kasih atas perhatian penuh dari PT BMH terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan.

“Kita tahu bahwa dulu lahan tempat PT BMH beroperasi ini merupakan lahan gambut dan hutan tidak bisa dikelola. Dengan adanya HTI yang masuk lahan sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat terutama tersedianya lahan tanaman kehidupan yang disediakan perusahaan, sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat,” beber Rosidi.

 

TEKS    : DONI AFRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster