Kabut Asap “Selimuti” Sebagian Banyuasin

 266 total views,  2 views today

aKabut Asap yang Menyelimuti sebagian Wilayah di Banyuasin

Kabut Asap yang Menyelimuti sebagian Wilayah di Banyuasin

BANYUASIN – Dalam sepekan terakhir, sebagian wilayah Kabupaten Banyuasin khususnya di wilayah Talang Kelapa diselimuti kabut asap. Namun kabut asap yang menyelimuti kawasan Talang Kelapa ini, belum mempengaruhi  jarak pandang

Pantauan dilapangan, beberapa wilayah yang paling terasa kabut asap diantaranya di Desa Gasing, Kelurahan Talang Keramat , Kelurahan Sukajadi. Anton (48), warga Desa Gasing  mengaku, selama dua pekan terakhir   kabut asap mulai terlihat di pagi dan sore hari.

Tetapi kata Anton,  kabut asap itu masih tipis sehingga tidak mengganggu jarak pandang. “Kabut asap sudah mulai terasa ,namun jarak pandang masih normal, “ kata Anton ketika dibincangi, Rabu (12/3).

Dikatakanya, kabut asap itu berasal dari kebakaran hutan dan lahan di wilayah Talang Kelapa. Selain itu, ada juga kiriman dari daerah lain. “Kebiasaan membuka  lahan dengan cara membakar, menjadi salah satu penyebabnya,” jelasnya.

Kepala Desa Gasing, Minin yang dibincangi terpisah membenarkan kabut asap yang mulai terasa di desanya. Ia juga tidak memungkiri, ada warga yang masih membuka lahan dengan cara membakar.

Namun kata Minim, pihak desa sudah sering mengingatkan warga untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. “Saat ini memang musim hujan, namun kita tetap harus mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang bisa menyebabkan kabut asap. Kita akan terus sosialisasikan agar warga, tidak membuka lahan dengan cara membakar,” tukasnya.

 

TEKS              : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster