DPR RI “Cium” Korupsi di Sumsel

 143 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasiorupsi

PALEMBANG – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)  mencium bau busuk, adanya tindak pidana korupsi di wilayah hukum Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel). Dugaan adanya korupsi itu, terjadi di sejumlah bidang khususnya pada bantuan dana sosial (bansos) dan pembangunan infrastruktur.

Tudingan ini disampaikan anggota Komisi III DPR RI, Ahmad Yani saat pertemuan antara Komisi III DPR RI dengan pejabat Polda dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumsel, Rabu (12/3).

“Kami dari Komisi III mencium adaya tindak korupsi di Dinas Sosial dan Dinas PU, khususnya pada pembagunan jalan. Karena setiap tahunnya perbaikan jalan itu selalu dilakukan, namun tidak ada hasil yang maksimal,” kata politisi PPP itu yang dibincangi di Gedung Anton Sujarwo, Mapolda Sumsel.

Menurut Yani, kepolisian juga harus berupaya agar pihaknya menindak tegas truk-truk batubara, sawit dan karet yang melintasi jalan negara. Sebab mereka sebut Yani, berdasarkan aturan dilarang melintas di jalan negara dan harus menggunakan jalan khusus.

“Selama ini, banyak kerusakan jalan yang terjadi di Sumsel. Itu selain disebabkan adanya dugaan korupsi, juga dipicu dari faktor muatan truk yang melebihi kapasitas. Kepolisian harus tegas, jangan sampai hal tersebut terjadi,” desak Yani.

Kepala Polda Sumsel, Irjen Pol Saud Usman Nasution di dampigi Kabid Humas, Kombes R Djarod Padakova menyebut, polda akan bekerja sesuai prosedur yang berlaku. “Kami akan proses, jika ada laporan masyarakat terkait dengan tindakan korupsi. Sudah beberapa kasus berhasil kami selesaikan,  ada juga yang masih dalam peroses,” kata Saud.

Saud menjamin, polda tidak akan akan tebang pilih dalam mengungkap tindak korupsi yang ada. “Pejabat dan masyarakat di mata hukum sama, kalau terbukti bersalah maka tetap akan kami proses,” tegasnya.

 

TEKS           : OSCAR RYZAL

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster