PDAM Tirta Ogan Targetkan 10 Ribu Pelanggan

 191 total views,  2 views today

INDERALAYA – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Ogan, Kabupaten Ogan Ilir (OI) menargetkan dapat menyandang predikat terbaik atau sehat dari Badan  Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPP-SPAM) dengan jumlah sambungan 10 ribu pelanggan pada tahun 2015 mendatang. Sambungan tersebut akan tersebar di 16 kecamatan.

Dirut PDAM Tirta Ogan, Zulkarnain, mengatakan  sejak tahun 2011 lalu hingga saat ini, jumlah pelanggan PDAM Tirta Ogan sudah mencapai 6.600 pelanggan.

“Ini belum lagi ditambah dengan target pada tahun ini mencapai 2.000 pelanggan termasuk di Kecamatan Rantau Alai dan Rantau Panjang,” tuturnya, Selasa (11/3), kemarin.

Meski cukup berat menargetkan hal tersebut, namun pihaknya optimis jika jika target 10 ribu pelanggan akan tercapai.

“Ya, ini memang berat, tapi kita optimistis,” ucapnya.

Menurutnya, perlu ditambah lagi setidaknya tiga alat pengolahan air bersih dari sungai ke rumah-rumah penduduk di Kecamatan Kandis serta Rantau Alai. Lanjutnya, PDAM Tirta Ogan telah mengusulkan ke pihak provinsi untuk dibangun booster di dua kecamatan tersebut.

“Insyaallah tahun ini, masyarakaat yang tinggal di dua kecamatan itu, sudah bisa menikmati air bersih,” paparnya.

Disinggung mengenai belum adanya jaringan pipa PDAM di Kecamatan Pemulutan Barat, Zulkarnain menambahkan,  pada tahun ini pihaknya juga telah mengusulkan pembangunan jaringan pipa PDAM di Kecamatan Pemulutan Barat.

Jelas Zulkarnain, pihaknya juga cukup merasa kesulitan untuk membangunan jaringan pipa PDAM ke desa-desa, dikarenakan wilayah Kabupaten OI mayoritas merupakan perairan.

“Untuk membangun jaringan pipa melalui jalur sungai, saya rasa tidaklah efektif. Salah satu penyebabnya yakni terkendala kondisi arus Sungai Ogan yang cukup deras,” ungkapnya.

“Kecuali PDAM membangun jembatan sendiri guna menghubungkan jalur pipa PDAM ke desa-desa yang ada di perairan,” katanya.

Pihaknya juga menghimbau kepada warga masyarakat agar secara bersama-sama memelihara aset jaringan pipa PDAM. Karena, selain untuk mandi serta kebutuhan rumah tangga lainnya, air bersih pun juga bermanfaat untuk di konsumsi.

“Mudah-mudahan terealisasi. Sepanjang semakin bertambahnya perumahan-perumahan. Maka kita akan tingkatkan kapasitas produksi. Dari 40 liter perdetik dijadikan 100 liter per detik,” tutupnya.

 

TEKS   : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster