Mahfud MD Buka MTQ ke-42 Mura

 183 total views,  2 views today

Mahfud MD

Mahfud MD

MUSIRAWAS – Musabaqoh Tiwatil Quran (MTQ) ke-42 Kabupaten Musirawas dibuka langsung oleh Mahfud MD Ketua Makamah Konstitusi. Acara MTQ ini bertempat di Halaman Masjid Agung Darussalam, Jumat (7/3).

“Darussalam itu artinya satu rumah yang nyaman dan damai. Satu negara dengan masyarakat yang nyaman, rukun, dan hak asasi masyarakatnya dihormati,” demikian ucap Mahfud MD saat pembukaan MTQ ke-42, Mura.

Kata Mahfud, ada beberapa ciri negeri Darussalam. Pertama, warganya bebas dan merdeka mendapatkan perlindungan hak asasi dengan baik. Pemenuhan hak asasi itu menurut dia diberikan meskipun terdapat berbagai perbedaan dalam sebuah masyarakat.

“Ciri dua, masyarakatnya memiliki nasionalisme yang tinggi karena berpegang teguh pada Alquran sehingga mereka tidak hanya terdidik dan kehidupannya makmur,” ujarnya.

Lalu ciri ketiga sambung Mahfud, di negeri yang Darussalam, masyarakatnya memiliki toleransi. Dia mencontohkan ketika Nabi Muhammad masuk Kota Madinah muncul kekhawatiran dari orang yang beragama non-Islam akan dipaksa masuk Islam.

“Nabi tidak melakukan itu (memaksa orang untuk masuk Islam), baliau membawa agama lurus namun toleran, sehingga membuat masyarakat aman dan damai,” tegasnya.

Di depan ratusan peserta MTQ, Mahfud mengajak warga Musirawas untuk memahamai dan mengamalkan isi Alquran. Dia mencontohkan nilai shalat yang salah satunya mengenai kejujuran berprilaku seseorang.

Bupati Musirawas Ridwan Mukti dalam isi sambutannya menyebutkan, MTQ ke-42 ini menjadi landasan batu loncatan bagi daerah meraih juara umum MTQ tingkat Sumatera Selatan. Menurutnya, juara umum itu dapat diraih dengan kerja keras dan kesungguhan. Karena itu, dia mengatakan sudah mempersiapkan hadiah khusus apabila Musi Rawas memperoleh juara umum MTQ tingkat provinsi.

“Musirawas pernah meraih juara umum MTQ tingkat Sumatera Selatan dan MTQ ini henaknya menjadi batu loncatan untuk meraih kembali predikat tersebut,” ujarnya.  (ADV)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster