Konvoi Dump Truk Batubara Hantam Bus Penumpang

 267 total views,  2 views today

MUARAENIM – Tiga dari belasan penumpang termasuk sopir dan kernet Bus Rico dan satu penumpang Mobil Kijang menderita luka-luka akibat dihantam Dump Truk Batubara tanpa muatan.

Kecelakaan tersebut terjadi di Jalan Lintas Desa Tanjung Raman Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muaraenim, Selasa (11/3) sekitar pukul 09.30 WIB.

Adapun penumpang yang menderita luka-luka yakni, Sopir Bus Rico Juan Adi (28) warga Muara Niru Kecamatan Rambang Dangku Kabupaten Muaraenim yang mengalami luka robek dikepala. kernet bus , Deko Aryo (25) Muara Niru, patah tangan kiri.

Sedangkan Devita (22), warga Tegal Rejo, Kecamatan Lawang, Kidul Kabupaten Muaraenim, luka memar dibahu, Solhiya (61) warga Pinang Belarik Kecamatan Ujan Mas, luka kening, Sapriansyah (21) luka di kepala, kemudian penumpang mobil Kijang, Sevia Saputri (12) memar di kepala.

Informasi yang dihimpun, kecelakaan terjadi berawal, saat Dump Truk BM 9288 EU yang disopiri, Samsuardi (51), melintas dari arah Prabumulih menuju Muaraenim secara konvoi dengan dua Dump Truk Batubara lainnya dalam keadaan tanpa muatan.

Dump Truk yang dikendarai Samsuardi berada di barisang tengah, tepat di Desa Tanjung Raman, mencoba memotong rekannya. Naasnya, dari arah berlawanan meluncur Bus Rico BG 7492 Al yang disopiri oleh Juan Adi yang mengangkut sekitar 12 penumpang.

Karena laju kendaraan dalam keadaan kecepatan cukup tinggi, Samsuardi lepas kendali ditambah lagi rem kendaraan blong menyebabkan Dump Truk tersebut terbanting ke sebelah kanan jalur. Akibatnya, menghantam Bus Rico dan Mobil Kijang BG 1633 PF yang dikemudikan Wagiran warga BTN Keban Agung Kecamatan Lawan Kidul Muaraenim.

Kuatnya, hantaman menyebabkan Bus Rico terbalik yang roda bagian belakangnya semua terlepas, sementara Mobil Kijang hanya ringsek bagian bodi kiri. lantaran lokasi kejadian dekat pemukiman, warga setempat berhamburan menuju lokasi guna memberikan pertolongan dan melaporkannya ke Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Kepolisian Resort (Polres) Muaraenim.

Tak lama kemudian, Tim Sat Lantas Polres Muaraenim melakukan evakuasi terhadap korban yang mengalami luka-luka. Sekaligus melakukan upaya penarikan bus penumpang dan dump truk untuk diangkut ke kantor Sat Lantas. Sementara, korban yang menderita luka-luka oleh petugas dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) HM Rabain Muaraenim.

Sopir Dump Truk, Samsuardi saat ditemui di ruang riksa Unit Laka lantas Sat Lantas Polres Muaraenim, mengakui, dirinya mencoba menyalip dump truk rekannya sendiri, namun, dikarenakan remnya blong sehingga dia tak mampu mengendalikan laju kendaraannya.

“Rem nya blong pak, jadi laju kendaraan tidak bisa dikendalikan,. sehingga menghantam bus penumpang, dan mengenai mobil kijang. Kalau kecepatan, hanya sekitar 60 sampai 70 kilometer per jam pak, memang jalurnya sedikit menanjak dan menikung,” tuturnya.

Dikatakannya juga, dirinya bersama dua rekannya lainnya konvoi kendaraan dari Palembang menuju Lahat. “Ini musibah, aku mengendarai mobil dalam keadaan sadar, tidak mabuk. Karena rem blong, jadi terjadi tabrakan ini,”jelasnya.

Kasat Lantas Polres Muaraenim AKP Bambang Tommy S didampingi Kanit Laka Iptu Gultom yang ditemui di ruangannya, menyatakan, dari olah TKP, tabrakan terjadi dikarenakan, dump truk mencoba mendahului kendaran yang berada di depannya. Namun, di arah yang berlawan terdapat Bus Penumpang, dikarenakan tidak terkendali sehingga terjadi tabrakan. Selain, Bus penumpang terdapat mobil kijang yang mengalami ringsek.

“Korban yang mengalami luka-luka telah kita evakuasi dan dilarikan ke rumah sakit untuk diberi perawatan medis. Untuk sopir Dump Truk saat ini kita periksa untuk diambil keterangannya. Sementara, kendaraan yang berada di TKP, akan diupayakan untuk diamankan di Sat Lantas,” ungkap Tommy.

 

Teks : Siswanto

Editor : Junaedi Abdillah

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster