Kades Tanjung Raja Masih Trauma

 171 total views,  4 views today

MUARAENIM – Kepala Desa (Kades) Tanjung Raja, Kecamatan Muaraenim, A Halik sampai saat ini masih trauma dengan peristiwa ancamanan yang dilakukan Manajer Security PT Bukit Asam (PT BA), Iskandar Zulkarnain, Senin (3/3) lalu.

Halik saat itu yang datang bersama Ketua Ikatan Pemuda-Pemudi Desa Tanjung Raja, Siswanto di kantor Security PT BA, diancam oleh Iskandar akan ditembak. Bahkan pensiunan kolonel di TNI Angkatan Darat (AD) itu, sempat menembakkan senjata api (senpi) airsoft gun ke udara.

Halik mengaku hingga saat ini, ia belum bisa melupakan peristiwa yang hampir merenggut nyawanya tersebut. Bahkan kata Halik, konsentrasinya dalam bekerja untuk melayani masyarakat, sedikit terganggu, karena kejadian tersebut baru pertama kali dialaminya.

“Memang kejadian ini membuat konsentrasi bekerja dan beraktifitas sehari-hari sedikit terganggu, karena kejadian itu selalu hadir dalam benak dan pikiran,” tutur Halik saat dibincangi,  Selasa (11/3).

Ia berharap, permasalahan ini dapat segera terselesaikan dengan baik. Halik pun meminta Manajemen PT BA bertanggung jawab sepenuhnya atas kejadian ini,  sehingga amarah atau emosi warganya dapat terbendung. “Saya berharap manajemen PT BA beretikad baik, untuk penyelesaikan masalah ini secara baik-baik,” harap Halik.

Dibincangi terpisah, dr Ellen Arlina. D.S.Psi, psikolog di RS Dr HM Rabain Muaraenim menyebut, trauma yang dialami Halik tersebut bisa terjadi, karena adanya rasa kekhawatiran atau ketakutan yang terjadi saat itu.  Bahkan kata dia, jika tidak segera ditangani bisa mengalami depresi.

“Trauma mendalam bisa terjadi pada setiap orang, tergantung dengan karakter atau tipe individunya. Faktor usia lanjut, juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab trauma,” tutur Ellen.

Lamanya penyembuhan trauma ini kata dia, tergantung dengan individunya masing-masing. Sebaiknya saran Ellen, hal itu di konsultasikan ke ahlinya sehingga bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut. “Faktor keluarga terdekat dan lingkungan, juga bisa membantu penyembuhan trauma yang dialami. Baik melalui dukungan moril, semangat dan nasehat-nasehat,” tukasnya.

 

TEKS      : SISWANTO

EDITOR      : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster