Ujian Paket C Diselenggarakan Siang Hari

 289 total views,  2 views today

PALEMBANG – Ujian paket C akan dilaksanakan serentak dengan pelakanaan Ujian Nasional SMA/SMK/MA pada 14-16 April mendatang, hanya berbeda waktu pelaksanaannya saja.

“Jika UN SMA/SMK/MA dilaksanakan pada pagi hari sedangkan Ujian paket C dilaksanakan pada siang harinya. Untuk ujian paket C ini sudah diusul ke Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan,” kata Kepala bidang pendidikan non formal (PNF) Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Palembang, Asya’ari SH, Minggu (9/3).

“Untuk ujian paket ini tidak ada ujian susulan seperti UN SMA, karena ujian paket C ada periode kedua yakni pada 1 Juli 2014. Jadi ujian paket C dilakukan dua kali dalam setahun,” ujarnya  seraya berkata untuk paket C setara SMA akan digelar 14-16 April, sedangkan paket B setara SMP digelar 5-9 Mei mendatang.

Sementara itu, untuk penentuan lokasi pelaksanaan ujian akan ditentukan dinas pendidikan masing-masing kabupaten dan kota. pelaksanaan ujian kesetaraan dilaksanakan siang hari pada hari yang sama dengan pelaksanaan UN pada pagi hari. “Soal yang diujikan sama, jika tidak dilaksanakan serentak, bisa saja terjadi kecurangan,” katanya.

Di Palembang sendiri tercatat 1.029 peserta akan mengikuti ujian paket dengan rincian paket B sebanyak 334 orang dan paket C sebanyak 624 orang.

“Untuk paket A setara SD pun digelar 19-21 Mei mendatang dengan 71 peserta. Tidak ada batasan usia bagi peserta, hanya yang di atas 70 tahun akan mendapat prioritas mengikuti ujian,” jelasnya.

Mengenai lokasi, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan sejumlah sekolah untuk menentukan lokasi yang dinilai strategis dan tidak menyulitkan peserta yang biasanya didominasi orang dewasa.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster