Surat Suara Dijaga 24 Jam

 146 total views,  2 views today

Ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

PALEMBANG – Surat suara pemilihan legislatif (pileg), 9 April mendatang mendapat pengawasan ekstra ketat. Tidak kurang dari 10 personil kepolisian, menjaga surat suara yang disimpan di Balai Kecamatan Ilir Timur (IT) I selama 24 jam.

Komisioner  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang Divisi Logistik dan Keuangan, Rudiyanto Pangaribuan mengatakan, pengamanan surat suara diserahkan sepenuhnya kepada Kepolisian Resort Kota (Polresta) Palembang.

“Tidak kurang dari 10 orang kepolisian menjaga surat suara tersebut selama 24 jam, dan memang untuk penjagaan secara penuh dilakukan kepolisian Kota Palembang,” kata Rudi yang dibincangi di ruang kerjanya, kemarin.

Sementara untuk kotak suara jelas Rudi, saat ini pengerjaannya sudah selesai, dan siap digunakan pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) mendatang. “Kotak suara berbahan aluminium sudah selesai dirangkai, jumlahnya pun cukup tanpa harus menggunakan kotak suara berbahan kardus. Meski demikian, kita tetap upayakan yang berbahan kardus tetap digunakan,” ungkapnya.

Ia menuturkan, diperkirakan distribusi kotak suara dan alat kelengkapan lainnya akan dilakukan mulai tanggal 31 Maret mendatang. Distribusi langsung dikirim ke panitia pemungutan suara (PPS). “Didalam kotak suara nanti, berisi semua alat kelengkapan TPS, surat suara dan formulir lainnya,” bebernya.

Sebelumnya Komisioner KPU Kota Palembang Divisi Teknis Penyelenggaraan, Firamon Syakti menyebut, KPU Kota Palembang masih menunggu perintah dari KPU Sumsel untuk pendistribusian surat suara.

Ia menyebut, nantinya  surat suara itu akan langsung di distribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Di Pemilu 2009, surat suara terlebih dahulu di distribusikan KPU ke Panitia Pemungutan Suara (PPK). Namun sekarang, setelah kita pack akan langsung dikirim ke 107 PPS,” jelasnya.

Perubahan pola distribusi ini sambung Firamon, sesuai dengan petunjuk dari KPU RI. Tujuannya, menghindari hal-hal yang tidak perlu dan tepat sasaran. “Namun jika merujuk jadwal,  distribusi logistik ini dilakukan sebelum H-3. Pada H-1, logistik tersebut sudah harus dikirim ke Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS),” tukasnya.

 

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR          : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster