Satu Dasawarsa Perkembangan PAUD OI Melesat

 188 total views,  2 views today

Bupati OI H. Mawardi Yahya dan pengurus PAUD Se Kab OI

Bupati OI H. Mawardi Yahya dan pengurus PAUD Se Kab OI

Bunda PAUD Ogan Ilir Kukuhkan 16 PAUD Kecamatan

INDERALAYA – Perkembangan pendidikan non formal, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), di Kabupaten Ogan Ilir cukup signifikan. Pasalnya sejauh ini perkembagan PAUD dari tahun ke tahunnya mengalami peningkatan.

Perkembangan tersebut tidak lepas dari adanya kerja keras Bupati OI, H. Mawardi Yahya berkerja sama dengan Tim Penggerak PKK Ogan Ilir dibawah pimpinan Hj Fauziah Mawardi berserta jajarannya yang begitu peduli dengan perkembangan dan perumbuhan anak usai dini.

Selama 10 tahun Kabupaten Ogan Ilir berdiri, tercatat ada 286 PAUD tersebar di 241 desa di Ogan Ilir. Hal ini menunjukan, satu Dasawarsa perkembangan PAUD di Ogan Ilir sangat pesat.

Selain membangun secara fisik, juga dilakukan pembinaan dengan mengangkat “Bunda”, bukan hanya di tingkat kabupaten, tetapi juga di tingkat kecamatan hingga desa.

Untuk di tingkat kecamatan, Bunda PAUD Kabupaten Ogan Ilir (OI), Hj Fauziah Mawardi SPd, mengukuhkan sebanyak 16 Bunda PAUD Kecamatan, di Gedung Caram Seguguk, Pemkab OI, Senin (10/3), kemarin.

Dengan dikukuhkannya Bunda PAUD Kecamatan, diharapkan mampu menjadi motor untuk menjalankan program PAUD kedepannya.

Ketua Bunda PAUD, Ogan Ilir,  Hj Fauziah Mawardi SPd mengatakan, dengan data tersebut (286 PAUD), program satu desa satu paud di Kabupaten Ogan Ilir sudah melampui target.

“Ya, di Ogan Ilir, kita memiliki 241 desa dan Kelurahan, tapi jumlah PAUD mencapai 286. Ini artinya sudah melampui target dari program satu desa satu paud, keberadaan PAUD sendiri semuanya berjalan, “ ujar Hj Fauziah Mawardi yang juga ketua TP PKK Ogan Ilir pada acara Pengukuhan Bunda PAUD kecamatan dan pembukaan pembinaan tutor pendidikan PAUD se-Kabupaten OI.

Fauziah Mawardi mengatakan, keberadaan bunda PAUD merupakan sebuah langkah strategis dalam meningkatkan SDM yang bermutu pada anak usia dini. Menurutnya, hal itu bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja , melainkan tanggung jawab semua pihak.

Sementara itu, Bupati OI, Mawardi Yahya dalam kesempatannya menambahkan, keberhasilan dalam pengembangan dan pembinaan PAUD ini juga dibarengi dengan keberhasilan Angka Partisipasi Kasar (APK) pada semua jenjang pendidikan  mulai dari PAUD, Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Kabupaten OI yang tercatat  di atas rata-rata nasional.

’’APK Kabupaten OI saat ini diatas rata rata nasional,“ sambung Mawardi Yahya.

Lanjut Bupati, Pemkab OI tidak hanya membangun fisik semata, namun  non fisikipun menjadi perhatian serius. “Bentuk perhatiannya yakni meningkatnya anggaran untuk PAUD,” tuturnya.

Acara dihadiri Kasubdin Kemitraan Kelembagaan Direktorat Pembinaan Paud Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI Drs Mansyur Simamora MM, Bupati OI, Ir H Mawardi Yahya, Sekda H M Sobli, Ketua Tim Penggerak PKK, sekaligus Bunda PAUD OI, Hj Fauziah Mawardi, pejabat SKPD, Ketua Bhayangkari, para tutor dan undangan lainnya. (ADV)

 

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster