Pasar Simpang Raja Akan Dipindah

 266 total views,  2 views today

Suasana Pasar Simpang Raja

Suasana Pasar Simpang Raja

PALI – Suasana jalan di perempatan  Simpang Raja, Kelurahan Handayani Mulia Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), kian hari semakin semrawut.

Hal itu disebabkan banyaknya pedagang yang menggelar dagangan disisi jalan dan  membuat macet kendaraan yang lewat.

Padahal, pihak pengelola pasar sudah menyeidakan los kecil untuk pedagang menjajakan barang.

Namun, banyaknya penjual yang datang membuat los-los yang disediakan tidak mampu menampung ratusan pedagang. Pedagang yang tidak kebagian tempat terpaksa, menggelar lapak persis disisi jalan.

Otomatis, pembeli yang hendak berbelanja harus menggunakan badan jalan untuk berlalu-lalang. Meski  kendaraan tronton dan triller besar berseliweran, tidak membuat warga merasa takut tersenggol atau tertabrak.

“Mobilkan ada sopirnyo kak. Takutlah dia nabrak kita. Terserah dia yang penting  kami tidak ketabrak,” kata Anggi, warga Simpang Raja.

Lurah Handayani Mulia, Drs Kusmin yang dihubungi Kabar Sumatera, Minggu (9/3) mengatakan, untuk mengatasi kemacetan di Pasar Simpang Raja, rencananya akan segera dipindahkan.

“Nanti akan kita pindahkan, ke lokasi baru dibelakang Rumah Makan Sujak. Ada lahan seluas setengah hektar disiapkan hasil hibah warga,” kata Kusmin.

Ia menambahkan, lahan tersebut semula milik Acoy dan sudah dihibahkan ke Pemkab PALI. Bukan sekedar lahan untuk lokasi pasar saja yang disiapkan pemkab, jalan akses pun juga sudah siap sedia. Jalan dengan lebar 10 meter dan panjang 90 meter siap untuk dikeraskan agar memudahkan pembangunan pasar tersebut.

“Biaya pembangunan pasar itu rencananya akan ditanggung sepenuhnya oleh PT Pertamina EP Pendopo Field. Pertamina sudah setuju untuk membangunnya,” ungkap Kusmin.

Asmen Legal and Relation PT Pertamina EP Pendopo Field, M Haryono melalui Staf CSR, Atika Russy Kuncoro   membenarkan rencana pembangunan pasar ini.

“Usulannya sudah lama, dan manajemen pada dasarnya sudah siap untuk melakukan pembangunannya. Kita tinggal menunggu legalitas tanahnya dan akses jalan masuknya saja. Kalau itu sudah diselesaikan Camat Talang Ubi, pasti kita bangun kok. Ini komitmen dan kepedulian Pertamina terhadap perekonomian masyarakat kabupaten PALI” ujar Atika.

 

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster