KPU OKUS Pinjam Rumah Dinas Untuk Gudang Penyimpanan Logistik

 311 total views,  2 views today

MUARADUA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, sempat mengalami kesulitan guna menyimpan logistik untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014, sebelum di distribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Hal itu menurut Ketua KPU OKU Selatan, Hendri Daya Putra, karena KPU OKU Selatan tidak memiliki gudang penyimpanan. “Mau tidak mau, kita terpaksa meminjam rumah dinas milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan, guna menempatkan logistik untuk Pileg mulai dari kotak suara, kertas suara dan kelengkapan lainnya,” kata Hendri ketika dibincangi di ruang kerjanya, Senin (10/3).

Gudang penyimpanan tersebut terang Hendri, mendapatkan pengamanan dari Kepolisian Resort (Polres) OKU Selatan. Hendri juga menerangkan, sampai  saat ini KPU tidak menemukan kendala untuk pelaksanaan Pileg.

Logistik untuk pileg jelasnya, sudah mencukupi. “Kertas suara sudah kita terima, saat ini sudah mulai dilipat dan disortir. Surat suara yang sudah dilipat dan di packing tersebut, kita simpan di gudang penyimpanan,” jelasnya.

Sementara untuk kelengkapan lain, seperti kotak suara, bilik suara maupun logistik lainnya sudah mencukupi. KPU Selatan kata Hendri, akan menggunakan kotak suara berbahan plat dengan pertimbangan keamanan.

Ia juga menjelaskan, di OKU Selatan terdapat 254.245 mata pilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Rinciannya, 132.557 orang laki- laki dan 121.688 orang pemilih perempuan.

Pemilih tersebut bebernya, tersebar dalam 847 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 19 kecamatan, 259 desa/kelurahan. “254.245 mata pilih ini, akan diperebutkan suaranya oleh 414 calon anggota legislatif (caleg) yang tersebar di empat daerah pemilihan (dapil). Rinciannya, di dapil I ada 127 caleg, dapil II sebanyak 79 caleg, dapil III ada 99 caleg dan dapil IV berjumlah 109 caleg. Mereka akan memperebutkan 30 kursi di DPRD OKU Selatan,” ucapnya.

Bagaimana dengan laporan kampanye tahap dua ? Hendri menyebut, 12 parpol peserta pemilu di OKU Selatan sudah menyerahkan laporan dana kampanye tahap dua. “Tidak ada masalah lagi, kita sekarang tinggal bersiap menghadapi pelaksanaan kampanye terbuka pada 16 Maret sampai 5 April mendatang,” tukasnya.

 

TEKS     : FITRI

EDITOR      : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster