Dituntut Rp 800 Juta, Pemuja Ganja Pening

 259 total views,  2 views today

PALEMBANG – Sudir (33), terpidana kasus kepemilikan ganja merasa pusing bukan kepala saat jaksa, Pengadilan Negeri (PN), Palembang menuntut 8 tahun penjara, denda Rp 800 juta dan subsider penjara satu tahun, saat menjalani sidang tuntutan di PN Palembang Jum’at lalu.

Melalui penasehat hukumnya, A Rizal, Sudir mengatakan tuntutan itu terlalu tinggi untuknya.

Dikatakan Rizal, tuntutan jaksa tidak tepat diberikan kepada kliennya yang berstatuskan terdakwa pemilik sepaket ganja senilai Rp 150 ribu. Rizal merasa, tuntutan itu layak diberikan kepada terdakwa pengedar narkotika, bukan pemakai narkotika seperti Sudir.

“Klien saya ini cuma pemakai ganja, bukan pengedar ganja. Jadi, saya nilai, tuntutan jaksa itu terlalu tinggi,” kata Rizal.

Oleh sebab itu, Rizal akan sangat memanfaatkan sidang pembelaan untuk meminta majelis hakim yang memimpin sidang memberikan vonis kepada Sudir seadil-adilnya. Sidang pembelaan sendiri akan digelar di PN Palembang, Kamis (13/3) mendatang.

Juharni, jaksa yang menyidangkan Sudir, menuntut Sudir dipenjara 8 tahun dan Rp 800 juta, subsider penjara satu tahun. Juharni menjerat Sudir dengan pasal pasal 111 ayat 1 Jo pasal 132 ayat 2 Undang-undang No 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Terungkap di persidangan, Sudir ditangkap pada Sabtu, 9 November 2013 sekitar pukul 19.30 WIB, di sekitar rumahnya. Petugas mendapati sepaket ganja di dalam jok motor Sudir. “Saya beli untuk digunakan sendiri. Belinya dari A (DPO),” kata Sudir.

 

Teks : Oscar Ryzal

Editor : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster