Dana BSM Belum Cair

 237 total views,  2 views today

BATURAJA – Ribuan siswa di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), sampai saat ini belum bisa mencairkan dana bantuan siswa miskin (BSM) yang mereka terima. Informasi yang dihimpun, ada 1.328 siswa madrasyah mulai dari Madrasyah Ibtadiyah (MI) sampai Madrasyah Aliyah (MA) yang belum bisa mencairkan dana BSM tersebut.

Kepala Kantor (Kakan) Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten OKU, H Darami didampingi Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasyah, Hilaluddin ketika dibincangi, kemarin membenarkan itu.

Menurutnya, dana BSM untuk siswa madrasyaha di bawah naungan Kemenang OKU memang pencairnnya mengalami keterlambatan.  “Tetapi itu terjadi bukan hanya di OKU, melainkan di semua kabupaten dan kota di Sumsel,” kata Darami.

Penyebabnya menurut dia, karena adanya kesalahan teknis di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenang Sumsel. Namun tegasnya, dana BSM tersebut secepatnya bisa dicairkan oleh siswa yang menerimanya.  “Secepatnya, dana BSM itu akan di transfer ke rekening masing-masing siswa yang menerimanya,” janjinya.

Ia berharap penggunaan dana BSM itu, sesuai dengan peruntukannya. Sebab jelas Darami, tahun sebelumnya ditemukan kasus ada dana BSM yang digunakan untuk membeli handphonen (HP). Karenanya ia menghimbau wali siswa dan guru, ikuti mengawasi penggunaan dana BSM tersebut.

Darami menjelaskan di OKU, tahu ini ada 1.328 siswa yang mendapatkan dana BSM. Rinciannya,  778 siswa Madrasyah Ibtidaiyah (MI), 300 siswa Madrasyah Tsnawiyah (MTs) dan 250 siswa Madrasyah Aliyah (MA).

Jumlah siswa penerima BSM ini sambungnya, menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya. Di 2013, tercatat ada 2.148 siswa yang menerima dana BSM dengan rincian 1.218 siswa MI, 512 siswa MTs dan 418 siswa MA.

“Untuk siswa MI pertahunnya mendapatkan bantuan Rp 450 ribu, MTs Rp 750 ribu dan siswa MA Rp 1 juta per siswanya. Kenapa ada pengurangan penerima BSM ini di OKU, saya tidak tahu. Sebab datanya diajukan langsung oleh masing-masing sekolah,” tukasnya.

 

TEKS              : MUSLIM

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster