Wajib Pajak PBB-P2 OKI Capai 239.141

 293 total views,  2 views today

KAYUAGUNG – Sampai saat ini wajib Pajak untuk pajak Bumi dan Bangunan (PBB) perkotaan dan pedesaan (P2) se Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mencapai 239.141, jumlah tersebut terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dengan meningkatnya wajib pajak maka akan meningkatkan Pendapat Asli Daerah (PAD) dari sektor PBB-P2.

Hal ini diungkapkan PLT kepala Dinas Pendapatan, pengelolan, Keungan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten OKI Daud, saat membuka sosialisasi pelaksanaan PBB-P2 menjadi pajak Daerah.

“Untuk meningkatkan wajib Pajak sektor PBB-P2 kita Cetak SPPT secara masal yang akan distribusikan pada  bulan maret langsung ke Desa-Desa, keLurahan, mengingat wajib Pjak PBB saat ini terus bertambah, sekarang sudah mencapai 239.141 untuk Kabupaten OKI,” kata Daud.

Dengan bertambahnya wajib Pajak Kata Daud tentu akan meningkatkan realisasi penerimaan PBB Sektor perkotaan dan pedesan, di Kabupaten  OKI .” Tahun lalu penerimaan PBB Kabupaten OKI mencapai 140,52%, dengan terealisasi sebesar Rp 3,5 Miliar lebih dari target sebesar  Rp 2,5 Miliar” katanya kemarin.

Kedepan menurut Daud, pihaknya akan terus melaksanakan penagihan rutin dan berkala, kemudian melaksanakan pengawasan internal melalui standar Operating Procedur (SOP). Pendataan wajib pajak terus ditingkatkan, Kualitas SDM khususnya dibidang pengelolaan Pajak bumi dan bangunan (PBB) harus ditingkatkan lagi, dan yang penting meningkatkan koordinasi kecamatan, Keluarahan dan Desa.

Wakil Bupati OKI M Arifa’i usai membuka sosialisasi tersebut menyambut baik adanya pengalian PBB-P2 dari pusat ke Daerah sesuai dengan undang-undang 28 tahun 2009.

“Ini merupakan langka strategis untuk meningkatkan Pendapatan Daerah(PAD) juga proritas belanja daerah,mengingat potensi PBB-P2 di Kabupateb OKI sangat besar,” kata M Rifai.

Bupati memberikan apresiasi kepada masyarakat OKI yang telah sadar menunaikan kewajiban membayar pajak. Dikatakannya keberhasilan Kabupaten OKI yang terus over target setiap tahunnya dalam penerimaan pajak berkat kesadaran tinggi masyarakat serta kinerja petugas pajak.

“Apresiasi setinggi-tingginya kami berikan kepada masyarakat OKI yang semakin taat membayar pajak juga kepada petugas pajak yang bekerja keras menjalankan tugasnya. Kita tau pajak ini amat penting untuk kemajuan pembangunan daerah” katanya.

 

TEKS         : DONI AFRIANSYAH

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster