Penderita DBD Menurun

 220 total views,  2 views today

Grafis DBD

Grafis DBD

PALEMBANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang mengklaim, penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di metropolis, menurun cukup drastis. Data yang dimiliki Dinkes sebut Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian, Dinkes Palembang, Yudhi Setiawan menyebut penderita DBD di 2013 menurun 50,40 persen jika dibandingkan 2012.

“Penurunan penderita DBD ini, bukan hanya karena gencarnya sosialisasi hidup sehat yang kita lakukan, tetapi juga karena kesadaran masyarakat semakin tinggi, terhadap program 3M yakni menguras, menutup dan mengubur, barang-barang yang bisa dijadikan tempat bersarang nyamuk,” kata Yudhi yang dibincangi, Jumat (7/3).

Yudhi merincikan, jumlah penderita DBD di 2012 sebanyak 883 orang. Sementara di 2013 menurun menjadi 438 penderita. “Angka tersebut menurun sangat tajam, kita harapkan tahun ini penderita DBD di Palembang bisa dibawah angka 200 penderita bahkan zero,” harapnya.

Ia menerangkan, DBD salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian . DBD tegasnya, adalah penyakit yang paling cepat menyebabkan kematian. Itu karena, penderita yang terserang DBD akan mengalami penurunan trambosit.

Sebab itu ia jelas Yudhi, prilaku hidup bersih sangat diperlukan. Selain itu, kalau ada keluarga atau tetangga di sekitar lingkungan tempat tinggal yang terkena demam, langsung dibawa ke rumah sakit untuk melakukan cek darah. “Karena apabila lamban ditangani, sesuatu yang tidak diinginkan bisa saja terjadi, jadi harus cepat ditangani,” imbuhnya.

Yudhi menambahkan, cuaca pada awal tahun 2014 masih tidak menentu. Menghadapi kondisi tersebut, Dinkes meminta masyarakat, mewaspadai sejumlah penyakit yang mulai mengalami peningkatan.

“Cuaca saat ini tidak menentu. Seperti hujan, tiba-tiba panas tinggi. Akibatnya daya tahan terganggu dan rentan sakit, dengan kondisi sekarang perlu waspada terhadap sejumlah penyakit,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster