Carrefour Palembang Bukukan Omzet Rp 2 Miliar

 225 total views,  2 views today

carrefour

carrefour

PALEMBANG – Komitmen PT Trans Retail Indonesia dalam mengangkat sektor usaha kecil menengah (UKM) lokal dalam pengembangan produk privat dibuktikan dengan digelarnya pojok rakyat di setiap gerai Carrefour di Indonesia. Hingga kini, Carrefour Palembang sudah membukukan omzet Rp 2 miliar dalam setahun.

Head of Public Affairs PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid Ahmad, mengatakan, pihaknya siap menerima produk UKM sebagai bentuk pemberdayaan pengrajin lokal. Kebijakan ini berlaku setelah resmi 100% diakuisisi oleh Chairul Tanjung yang menandakan Carrefour bukan lagi milik asing.

“Semua produk lokal sudah seharusnya maju dalam pasar dalam negeri dan siap bersaing di pasar global,” ungkapnya di Palembang, Jumat (7/3).

Adapun langkah untuk mengangkat produk lokal tersebut pihaknya menyediakan khusus pojok rakyat dan bazar rakyat. Produk dari pelaku usaha dan pengrajin lokal tersebut sengaja dipisahkan dengan produk pabrikan guna memberikan nuansa yang berbeda kepada konsumen. Dengan begitu, konsumen bisa segera tahu yang mana saja produk-produk UKM yang dimaksud.

“Sampai saat ini, kami menilai carrefour di Palembang menjadi yang terbaik. Sebab, potensi pasarnya memang tinggi,” katanya.

Kendati produk yang dijual semakin banyak datang dari UKM, pihaknya tetap akan mempertimbangkan sisi kualitas. Produk UKM yang bisa masuk ke Carrefour harus sudah memiliki izin edar, kemasan dan komposisi bahan yang seragam, serta harga bersaing. Satria menegaskan, hal tersebut untuk menjaga konsumen tidak lari.

“Kami siap membuka tangan, merangkul, bahkan memberi nilai lebih berupa bantuan kredit modal dari Bank Mega,” jelasnya.

Selain Pojok Rakyat, digelar pula Bazar Rakyat berupa pameran produk. Dia menjelaskan, setiap penjualan yang bagus dan bertahan hingga dua tahun di bazar ini, pelaku UKM akan diberi kesempatan memasarkan produknya secara cross ke Carrefour di kota lain. “Ini tentu menjadi peluang mereka untuk maju dan meluaskan pasarannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Store Manager Carrefour Palembang, Icha mengatakan, pihaknya sudah menjalankan program pojok rakyat. Sejauh ini, pihaknya berhasil membukukan omzet hingga Rp2 miliar setahun. Tercatat sudah ada 50 UKM asal Palembang yang bekerja sama dengan Carrefour dengan dominasi produk berupa kuliner dan kerajinan.

TEKS          : AMINUDDIN

EDITOR      : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster