Pilkades Benakat Minyak Bakal Digelar

 226 total views,  2 views today

Camat Talang Ubi, Asrohi S.Sos MH

Camat Talang Ubi, Asrohi S.Sos MH

PALI – Sempat menjadi polemik, akhirnya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Benakat Minyak, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI akhirnya dipastikan bakal digelar.

Kepastian ini didapat setelah panitia pilkades telah menerima pendaftaran kandidat. Saat ini, sudah ada tiga kandidat yang telah mendaftarkan diri. Ketiganya yaitu   Mujiono, Edi Purnomo dan Ruswadi.

Dua kandidat pertama ini bahkan sudah mengikuti Penelitian Khusus (Litsus). Sedangkan Ruswadi masih dalam tahap mengikuti litsus di Badan Kesbangpol Kabupaten Muara Enim.

“Dua kandidat sudah mengikuti litsus,” kata camat Talang Ubi Asrohi SSos MH kepada KabarSumatera, Kamis (6/3), diruang kerjanya di Talang Ubi.

Polemik pilkades Benakat Minyak ini bermula saat masa jabatan Kepala Desa yang lama Mariantoni berakhir pada 25 Desember 2013 lalu. Mariantoni yang sudah menjabat selama dua periode ini secara otomatis tidak bisa mencalonkan diri lagi.

Namun masalah muncul saat terbit surat dari Menteri Dalam Negeri RI yang menghimbau untuk tidak dilakukannya pemilihan kepala desa. Disatu sisi masa jabatan kades lama berakhir sementara disisi lain, adanya himbauan mendagri.

“Surat mendagri kan sekedar himbauan. Untuk menjaga keamanan dan ketertiban, maka pilkades dihimbau untuk tidak digelar selama 2014 sampai pemilihan presiden selesai digelar,” sambung Asrohi.

Himbauan ini dilakukan agar tidak terjadi konflik horizontal dikalangan warga. Namun, bila dipastikan pilkades berlangsung aman maka pilkades pun sah-sah saja dilakukan.

“Di kabupaten OKU ada 90 pilkades digelar. Asal aman tidak masalah,” imbuh alumni APDN angkatan 1990 ini.

Karena itulah, Januari lalu pemkab memutuskan untuk membentuk panitia pilkades sambil menunggu persetujuan Gubernur Sumsel untuk menggelar pilkades. Untuk sementara, Mariantoni ditunjuk untuk mengisi jabatan kades dengan status Penjabat Sementara sampai kades terpilih dilantik.

Dibalik pelaksanaan pilkades ini, ada satu hal yang masih mengganjal. Litsus bagi kandidat masih dilakukan di Muara Enim. Padahal susunan perangkat dan struktur organisasi di kabupaten yang baru dimekarkan ini sudah terbilang lengkap. Saat hal ini ditanyakan, Asrohi menjawab saat ini pemkab masih belum memiliki Tim Litsus.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan litsus ini dilakukan oleh Badan Kesatuan bangsa dan politik (Kesbangpol). Entah kenapa, tim litsus ini masih belum terbentuk.

 

Teks         : Indra Setia Haris

Editor       : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster