Masyarakat Harus Nikmati Air Bersih

 226 total views,  2 views today

PALEMBANG – Meski di kelilingi sungai, masyarakat Sumsel tidak serta merta dengan mudah mendapatkan air bersih. Saat ini masih banyak masyarakat di Bumi Srwijaya ini, yang belum mendapatkan fasilitas air bersih seperti di Desa Sako Makmur, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin dan kabupaten/kota lainnya di Sumsel.

Di desa tersebut, bila musim kemarau tiba, berakibat mengeringnya Sungai Rengit yang dijadikan warga untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci dan memasak. Akibatnya, warga harus mencari air bersih di desa eks transmigrasi, yang jaraknya jauh dari desa tersebut.

Tak hanya disana, di Kenten Laut,warga juga kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Pasokan air bersih dari Tirta Benuah, tidak mengalir lancar dan kualitas airnya keruh. Sehingga warga, lebih memilih untuk membeli air bersih dari pedagang keliling.

Kondisi ini menurut calon anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Sumsel 1, Hafisz Tohir, dalam diskusi di Media Center DPRD Sumsel beberapa waktu lalu, harusnya tidak terjadi.

“Fasilitas air bersih, harus didapatkan semua masyarakat. Itu bagian pelayanan publik, yang harus disediakan pemerintah. Pemerintah harusnya mengoptimalkan peran PDAM, untuk memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat di Sumsel, “ kata politisi PAN ini.

Menurutnya, dengan sumber daya alam (SDA) Sumsel yang berlimpah ditambah dengan pendapatan asli daerah (PAD) masing-masing kabupaten/kota di Sumsel, sudah sewajarnya pelayanan air bersih menyentuh hingga ke pelosok desa. ”Kita harus dapat memanfaatkan kekayaan alam yang dimiliki Sumsel, untuk digunakan bagi masyarakat,” ucapnya.

Ia menyebut, persoalan air bersih memang menjadi salah satu persoalan yang dikeluhkan masyarakat. “Selama melakukan sosialisasi di kabupaten dan kota di Sumsel, masyarakat banyak mengeluhkan berbagai persoalan diantaranya air bersih, kesehatan, pendidikan, dan pengangguran. Persoalan-persoalan inilah, yang harus diselesaikan,” tukasnya.

 

TEKS               : DICKY WAHYUDI

EDITOR           : IMRON SUPRIYADI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster