Kawasan SU akan Dibangun IPAL

 246 total views,  2 views today

Ilustrasi Kawasan SU akan Dibangun (IPAL)

Ilustrasi Kawasan SU akan Dibangun (IPAL)

PALEMBANG – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Palembang berencana akan membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di kawasan Seberang Ulu (SU). Kepala BLH Palembang Tabrani mengatakan, Rabu (5/3) lalu, Polandia sudah bersedia untuk membantu pembangunan IPAL tersebut.

Ia menyebut, Polandia bersedia membantu pendanaan dan teknologi untuk pembangunan IPAL tersebut. “Rabu (lalu), Sekretaris Kementrian Lingkungan Hidup Polandia saat berkunjung ke Palembang menjanjikan akan membantu pengolahan sampah, dan proses pengolahan air bersih di Palembang,” kata Thabrani ketika dibincangi, Kamis (6/3).

Ia menerangkan, tim dari Polandia sudah melakukan kajian untuk bantuan yang akan diberikan. “Ketika berkunjung, mereka sudah lakukan pengecekan, apa saja yang mereka akan bantu. Tetapi yang pasti tiga aitem tersebut,” bebernya.

Kenapa kawasan SU yang dipilih ? Thabrani menyebut, itu karena di kawasan Seberang Ilir (SI) sudah ada rencana dari Pemkot Palembang untuk membangun IPAL di kawasan Sei Selayur, Kecamatan Kalidoni.

Untuk pembangunan IPAL di kawasan SU tersebut, memerlukan lahan sedikitnya lima hektar. Namun lokasinya, belum dipastikan. Sebab sampai saat ini, masih di kaji tempat yang tepat untuk pembangunan tersebut.  “Kita lihat lahan yang masih kosong, misalnya kawasan 5 Ulu, Jakabaring dan mungkin juga di Plaju,” bebernya.

Di singgung berapa besar anggaran, yang harus dikeluarkan untuk pembangunan IPAL tersebut, Tabrani juga belum bisa memastikan angkanya. “Ini kan baru rencana, yang mengetahui estimasi dananya, Bappeda,” ujarnya.

“Mudah-mudahan, pembangunan IPAL di kawasan SU ini bisa direalisasikan di akhir tahun ini. Nantinya, kita akan lakukan studi banding untuk pembangunan IPAL tersebut ke Polandia,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster