Kades Wajib Tanggap Masalah

 384 total views,  4 views today

KAYUAGUNG – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres), AKBP Erwin Rachmat SIK meminta setiap Kepala Desa (Kades) cepat tanggap bila mengetahui ada warga yang bermasalah. Kesigapan dan ketanggapan Kades sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya konflik antar warga.

Demikian ditegaskannya saat mendampingi Kunker Bupati OKI ke Desa Gading Mas Kecamatan Sungai Menang, Rabu (5/3). Himbauan Kapolres OKI ini agar bentrok antar kelompok warga seperti kasus Sungai Ceper vs Gajah Mati tidak terulang lagi dan tidak akan terjadi di desa lain.

“Konflik yang berujung bentrok fisik sebenarnya bisa diantisipasi, asalkan kades harus tanggap jika ada warganya bermasalah. Jika ada masalah antar warga, Kades harus secepatnya berkonsultasi dengan Koramil, Polsek dan camat. Jangan malu untuk menjalin komunikasi,”seru Erwin Racmat di hadapan ratusa warga dari berbagai desa di Kecamatan Sungai Menang.

Menjelang pemilu April mendatang, Kapolres mengajak warga masyarakat dan seluruh pihak yang terlibat agar bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing. Menurutnya, Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) sangat diperlukan masyarakat agar terciptanya rasa aman dan nyaman.

Kapolres OKI sangat menyesalkan terjadinya konflik antar kelompok warga Desa Sungai Ceper dan Gajah Mati. Ia berharap kasus seperti itu terjadi untuk kali terakhir di wilayah hukum Kabupaten OKI. Saat ini pihaknya sudah memeriksa 8 orang saksi, namun belum ada satupun yang ditetapkan sebagai tersangka.

Sedangkan Bupati OKI Iskandar SE menjelaskan, pelantikan Kades Kades hasil Pilkades tahun 2013 lalu memang sengaja dilakukan Pemkab OKI di wilayah kecamatan masing-masing, bukan digabungkan dilantik serentak di ibukota kabupaten agar efektif dan efisien.

“Alasan pelantikannya di desa-desa, ini untuk memberitahukan kepada warga di desa itu bahwa Kades mereka sudah dilantik bupati. Setelah warga melihat langsung Kadesnya dilantik, maka akan ada komitmen dari Kades untuk mengabdi kepada warga masyarakat,”papar Ketua DPW PAN Sumsel ini.

Iskandar yang pernah kalah saat Pilkada OKI Oktober 2008 lalu itupun mengatakan, setelah Kades dilantik maka Kades akan punya tugas untuk membangun desa dan melayani masyarakat. Ia berpesan kepada Kades agar Kades melakukan tugas dengan penuh tanggungjawab.

Tolong, ini instruksi dari saya selaku bupati. Kades harus melakukan tugas dengan penuh tanggungjawab. Tugas Kades memang berat, bukan hanya mengurusi pembuatan KTP dan KK saja, namun bagaimana Kades bisa memberdayakan warganya,”sambung mantan Wakil Bupati Ogan Ilir periode 2005-2010 itu.

Adapun Kades dalam Kecamatan Sungai Menang yang dilantik yakni Jumadi (Kades Gading Mas), Lin Swiking (Kades Gading Jaya), Ahib (Kades Gajah Makmur), Kartini (Kades Gajah Mulya) dan Badrio (Kades Sungai Sibur).

 

TEKS       : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster