Amankan Pemilu Pol PP Back Up TNI dan Polri

 166 total views,  2 views today

Ilustrasi Pol PP | Dok KS

Ilustrasi Pol PP | Dok KS

PALEMBANG – Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), akan memback up TNI dan Polri dalam mengamankan Pemilihan Umum (Pemilu), baik saat masa kampanye, pemungutan suara maupun perhitungan suara.

Kepala Sat Pol PP Sumsel, Riki Junaidi menyebut saat ini ada sekitar 3000 personil Sat Pol PP yang tersebar di kabupaten dan kota. Mereka terang Riki, siap berpartisipasi dalam mengamankan Pemilu.

“Kita siap membantu TNI dan Polri, dalam mengamankan Pemilu,” kata Riki yang dibincangi usai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sat Pol PP ke-65 di Griya Agung, Kamis (6/3).

Sat Pol PP Sumsel terang Riki, juga telah merekrut anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) untuk pengamanan pemilu. Menurutnya, ada 26 ribu Linmas yang akan diterjunkan, untuk pengamanan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Di Sumsel sambungnya, ada 17.900 TPS. “Nantinya setiap TPS, akan ditempatkan dua anggota Linmas. Rekrutmen anggota Linmas ini, sudah dilaksanakan di kabupaten dan kota. Nama-namanya sudah dikirim ke kita, dan sedang direkap. Nantinya anggota Linmas itu, akan diberikan pelatihan sebelum turun ke lapangan,” jelasnya.

Disinggung mengenai honor untuk Linmas, Riki mengatakan dananya sudah ada dan tinggal menunggu Keputusan Presiden (Kepres). “Honor untuk Linmas, anggarannya dari APBN. Untuk Sumsel, setidaknya butuh Rp 10 miliar, karena setiap Linmas akan mendapatkan honor sekitar Rp 350 ribu,” bebernya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengaku kesiapan Sat Pol PP sudah sangat matang untuk membantu TNI dan Polri dalam mengamankan Pileg dan Pilpres. “ Dalam apel tadi, bisa dilihat keseriusan Sat Pol PP untuk membantu pengamanan Pileg dan Pilpres,” ucap Alex.

Sebelumnya, Kapolda Sumsel,  Irjen Pol Saud Usman Nasution mengatakan, Polri siap mengamankan Pileg dan Pilpres dengan menerjunkan personil yang berjumlah 13 ribu lebih, dibantu personil Polres di tiap kabupaten dan kota.  “Kita berharap pelaksanaan Pileg dan Pilpres nanti berjalan lancar. Tetapi kami juga sudah bersiap, menghadapi hal buruk jika terjadi konflik usai Pemilu nanti,” tukasnya.

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster