Wako Pagaralam Warning Lurah

 304 total views,  2 views today

PAGARALAM – Bantuan Gubernur (Bangub) senilai Rp100 juta bagi tiap-tiap kelurahan se-Kota Pagaralam akan segera dicairkan tidak lama lagi. Sehingga menarik perhatian Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni, untuk selalu mengingatkan para Lurah yang ada agar dana tersebut dapat direalisasikan sesuai ketentuan yang diberlakukan.

“Seluruh Lurah yang menerima bangub tahun 2014 senilai Rp. 100 juta di-warning agar dapat mengunakannya dengan baik dan jangan macam-macam terhadap bantuan ini,” kata Wali Kota Pagaralam Hj ida Fitriati Basjuni, Rabu (5/3).

Menurutnya, bantuan ini harus jelas peruntukkannya karena ini bukan dana pribadi untuk lurah atau camat melainkan hak masyarakat. Kegiatan ini harus sesuai dengan rencana yang sudah ditampung dalam daftar usulan rencana kegiatan (DURK).

“Tidak boleh di luar rencana. Bila dilakukan di luar rencana, merupakan pelanggaran,” ujarnya seraya berkata mengenai pencairannya, jika tidak ada halangan sekitar Juni mendatang.

Terpisah, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan (BPMK), Drs Samsul Bahri Burlian MSi mengatakan, agar peruntukan bangub tepat sasaran, pihaknya akan melakukan pengawasan lebih ketat sehubungan dengan kenaikan jumlah bantuan tersebut.

Ia mengatakan, banyak hal yang harus dicermati dalam peruntukan bantuan ini. Selain itu mesti sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) dan harus tepat sasaran.

“Kita akan melakukan pengawasan terhadap bangub ini agar realisasinya dapat berjalan sesuai juknis yang ada dan tepat guna,” katanya.

Lanjutnya, realisasi penggunaan dana tersebut mesti mengacu dan berpedoman dengan kegiatan yang terhimpun dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan (DURK).

“Bangub senilai Rp 100 juta untuk kegiatan selama satu tahun dengan rincian, diantaranya untuk program PKK sebesar Rp 15 juta, Posyandu Rp 10 juta, Karang Taruna Rp 10 juta, Administrasi Kelurahan sebesar Rp 4juta. Termasuk untuk ekonomi produktif sebesar Rp 43,8 juta, penambahan penghasilan P3N Rp 7,2 juta serta penambahan LPMK Rp10juta,” sebutnya.

Samsul mengakui, dengan adanya Bangub ini sangatla membantu pihak kelurahan, selain untuk operasional kelurahan termasuk pula pembinaan kepada masyarakat.

“Tahun 2011-2012 tidak ada bantuan, tetapi untuk dua tahun ini bangub kembali diadakan,” terangnya seraya berujar nantinya dilakukan penandatanganan rencana kegiatan wali kota Pagaralam, selanjutnya akan diserahkan ke Biro Pemerintahan Pemprov Sumsel.

 

TEKS       : ANTONI STEFEN
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster