Sat Pol PP Minim Perlengkapan Dalmas

 741 total views,  2 views today

Ilustrasi Pol PP | Dok KS

Ilustrasi Pol PP | Dok KS

PAGARALAM – Selain aparat kepolisian yang memiliki pasukan anti huru-hara atau disebut Dalmas (Pengedalian Massa), demikian pula dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP).

Kendati demikian, hingga kini peralatan untuk pengendalian massa, seperti  helm pelindung, tameng, tongkat, dinilai belum lengkap untuk mencukupi perlengkapan pasukan Dalmas yang idealnya dimiliki dua peleton bagi personil penegak Peraturan Daerah (Perda) ini. Demikian dikemukakan Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja dan Linmas Kota Pagaralam  Drs Bhakti Nadjamudin, kemarin (5/3).

Dikatakannya, untuk peralatan pengaman seperti tameng, tongkat, helm pelindung dan lainnya  sangat perlu dimiliki personil sebagai perlengkapan.

“Sejauh ini kita telah memiliki personil Dalmas yang telah mengikuti pendidikan dasar (Diksar), tapi perlengkapan Dalmas yang ada masih minim dimiliki,” katanya seraya berkata tugas Pol PP di lapangan tak jarang bila dilibatkan untuk pengamanan termasuk ada pergerakan massa.

Adapun personel yang diterjunkan bila ada pergerakan massa kata Bhakti, seperti demo di kantor walikota, kantor DPRD dan  lainnya.”Tugas kami selain menegakkan Perda juga mengamankan walikota,” tegasnya.

Meski pun demikian,  pihaknya tengah perupaya merencanakan pengajuan ke Pemkot Pagaralam terkait minimnya perlengkapan Dalmas dimaksud, termasuk untuk armada mobil Dalmas, mobil patroli dan kendaraan roda dua.

“Terlebih dalam waktu dekat ini akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan legislatif (pileg). Karena itu, potensi pergerakan massa tidak menutup kemungkinan bisa saja ada dan terjadi,” ujarnya.

Meski begitu ia menambahkan, pihaknya juga akan merampingkan penugasan sejumlah anggota yang ada jelang Pileg. Sementara saat ini personil yang ada  berjumlah sekitar 360 personel lebih bertugas di sejumlah instansi dan kantor yang ada.

 

TEKS       : ANTONI STEFANI

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster