PAZ dan PAA Jadi Seri Nopol PALI

 1,226 total views,  8 views today

Drs Rusman Firman MM, Kadishub PALI

Drs Rusman Firman MM, Kadishub PALI

PALI – Beberapa waktu lalu, wacana akan digunakannya huruf R, sebagai lambang nomor polisi khas kendaraan roda empat dan roda dua, dari wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Namun rencana penggunaan seri itu ternyata batal.

Rencananya, seri plat kendaraan dari kabupaten ke-16 Sumsel ini akan di gantikan dengan lambang PAZ untuk kendaraan kedinasan, dan PAA untuk kendaraan pribadi dan umum.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten PALI, Rusman Firman, Rabu (5/3), kemarin.

Menurutnya, perencanaan akan menggunakan huruf R, sebagai ciri khas nomor polisi dari wilayah PALI dipastikan batal, dan akan digantikan dengan huruf P.

“Memang incaran kita dari awal P, namun saat itu sudah digunakan orang lain sehingga kita ambil R. Tapi, dalam beberapa waktu terakhir, akhirnya huruf P sudah ditarik kembali, dan kita ajukan untuk wilayah PALI, yang menggunakannya,” terangnya kepada KabarSumatera.

Dirinya menjelaskan, untuk kendaraan kedinasan akan digunakan huruf PAZ. Sedangkan untuk kendaraan umum, akan menggunakan huruf PAA. “Jadi dinas akan menggunakan PAZ. Dan kendaraan umum akan menggunakan PAA,” ucapnya.

Rusman menambahkan, saat ini pihaknya telah mengirimkan surat permintaan ke Markas Besar (Mabes) Polri, untuk penggunaan hurup pada nopol kendaraan asal PALI. Dan kabar terakhir, permohonan tersebut telah disetujui Mabes Polri. “Kita sekarang menunggu keputusan Polda Sumsel terkait huruf tersebut,” ungkapnya.

Meski demikian, menurut Rusman, saat ini pihaknya sedang mengupayakan pembentukan Kantor Samsat Pembantu. Karena dengan adanya kantor Samsat ini akan berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta memudahkan masyarakat yang hendak membayar pajak kendaraan. “Mudah-mudahan usulan pembentukan Samsat Pembantu ini dapat terealisasi. Doakan saja,” pungkas Rusman.

 

Teks       : Indra Setia Haris

Editor     : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster