Mendamba Pemilu yang Jurdil

 225 total views,  2 views today

pemilu

TAK lama lagi tepatnya pada tanggal 9 April mendatang kita akan menggelar Pemilu Legislatif.  Pemilu itu untuk memilih wakil  rakyat yang akan duduk di DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten kota. Kita mengharapkan rakyat dapat cerdas dalam memilih sehingga calon-calon yang memajangkan diri itu dapat diseleksi dengan baik saat memilihnya. Sebab kalau wakil kita berkualitas tentu akan memikirkan kita dan dalam menjalankan tugasnya berorientasi pada kemaslahatan rakyat.

Usai Pileg kita juga akan melaksanakan Pemilihan Presiden (pilpres). Pada kedua momen penting itu kita mengharapkan pemimpin yang dihasilkan dari pemilihan umum yang jujur dan adil (jurdil). Sebab dari Pemilihan Umum yang Jurdil  tidak akan mendorong rakyat untuk melakukan pemakzulan (impeachment).

Hal seperti itu juga diakui oleh peneliti senior Pusat Penelitian Politik LIPI  Prof  Siti Zuhro. Menurut dia belajar dari hasil pemilihan umum (pemilu) tahun 2004 dan 2009 yang menunjukkan bahwa selama pemimpin tidak melakukan pelanggaran hukum dan korupsi, rakyat tidak akan menuntut pemimpin untuk mundur. Artinya, pemimpin yang dihasilkan dari pemilu yang jurdil tak akan mendorong kecenderungan impeachment.

Kita sependapat dengan  Prof. R. Siti Zuhro, M.A., Ph.D. Sebab  pemilu yang tidak “free and fair” akan menimbulkan ketidakpercayaan rakyat dan membuat “distrust” publik kepada keabsahan pemimpin.  Apalagi setiap pemilu menimbulkan harapan rakyat akan adanya perubahan. Sebab pada saat itu calon pemimpin yang digadang-gadang rakyat adalah sosok yang diharapkan mampu menghadirkan perubahan konkret berupa kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu, siapa pun yang memimpin Indonesia selama yang bersangkutan tidak melanggar hukum dan tidak melakukan korupsi maka tidak akan digugat rakyat.
Oleh karena itu kita sangat mengharapkan Pemilu mendatang itu terselenggara dengan jujur dan adil. Sebab dengan demikian berbagai kecurangan dengan berbagai bentuknya bias dihindarkan. Di sisi lain kita mengharapkan rakyat kita yang mempunyai hak pilih menjadi pemilih-pemilih cerdas dan kritis agar pilihannya tepat dan bermanfaat. Dengan demikian Pemilu akan mendatangkan kemaslahatan bagi semua. Semoga (Sarono P Sasmito)

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster