Ketaatan Perusahaan Masih Rendah

 193 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH), akan berikan sanksi tegas bagi perusahaan yang masih rendah, dalam menanggani tempat pembuangan limbah bahan berbahaya beracun (B3).

“Saat ini kami sedang menginventarisasi sejumlah perusahaan, yang menghasilkan limbah B3, agar mereka menyiapkan sarana pengolahan yang sesuai standar,” kata Kepala BLH Palembang, Tabrani, Rabu (5/3).

Menurut Tabrani, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 tahun 2011 tentang Pengelolaan Lingkungan, diwajibkan semua perusahaan untuk menyediakan tempat pembuangan limbah sementara, dan mengelola sementara limbah sebelum dibuang.

Ia menerangkan, di kota pempek ini cukup banyak perusahaan yang beroperasi. Namun kesadaran dalam menjaga lingkungan tudingnya, masih kecil. “Memang masih rendah ketaatan perusahaan, dalam menjaga lingkungan di kawasan tempatnya berdiri, sebab ituapabila kedapatan perusahaan yang salahi aturan akan ditindak tegas,” ujarnya.

Tabrani menyebutkan, perusahaan yang menghasilkan limbah B3 antara lain rumah sakit, pabrik-pabrik, hotel dan klinik. Katanya, Pemkot Palembang sekarang terus berupaya mengiventarisasi perusahaan yang menghasilkan limbah B3, seperti limbah bekas bersalin, darah, kotoran, pakaian operasi, pakian pasien, jarum suntik hingga obat-obatan tak terpakai. “Seharusnya setiap enam bulan sekali, perusahaan atau rumah sakit melaporkan ke pihak kami,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster