Bakal Ada PHK di Transmusi ?

 482 total views,  2 views today

Trans Musi

Trans Musi

PALEMBANG – Sopir dan pramugara Bus Rapit Transit (BRT) Transmusi, kini semakin resah. Pasalnya, setelah banyak karyawan yang di rumahkan akibat puluhan  bus yang rusak, kini berkembang isu kalau PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J), yang mengelola Transmusi bakal melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Salah seorang pegawai Transmusi yang tidak mau disebutkan namanya menyebut, rencananya Kamis (6/3) malam, PT SP2J akan melakukan PHK terhadap ratusan karyawannya terutama di Transmusi.

Ia sendiri sebutnya, sudah mengetahui rencana perusahaan itu. “Kami sudah tahu dari media, kalau PT SP2J akan merumahkan ratusan sopir dan pramugara Transmusi karena banyak bus yang rusak, itu membuat kami resah,” katanya, Rabu (5/3).

“Rencananya Kamis malam, kami akan di kumpulkan di Pelabuhan 35 Ilir. Disana, bakal di umumkan adanya pengurangan karyawan dan pemutusan kontrak kerja sepihak oleh manajemen,” sambungnya.

Menurutnya, ia dan rekannya mengerti mengenai keputusan yang diambil oleh perusahaan. Namun ia berharap jika memang harus di istirahatkan, PT SP2J harus membayarkan terlebih dahulu hak karyawan.

Sebab jelasnya, hingga saat ini gaji karyawan, baik pramugara maupun sopir masih Transmusi masih terhutang 150 persen. Rinciannya, tunggakan gaji untuk Januari sebanyak 50 persen dan Febuari belum dibayarkan sama sekali. “Selama kami kerja, tidak dibayarkan sama sekali. Sedangkan kami akan di PHK,” ujarnya.

Namun ia tetap yakin, manajemen PT SP2J tidak akan berani mengambil kebijakan itu. “Tidak masuk akal, kalau mereka melakukan PHK. Untuk bayar gaji kami saja bulan lalu belum bisa, apalagi untuk bayar pesangon karyawan yang di PHK,” ucapnya.

Namun sambungnya, kondisi yang tidak menentu di Transmusi itu membuat banyak karyawan yang berhenti.  “Saat ini, sudah ada banyak teman yang berhenti, baik yang di pecat maupun mengundurkan diri. Beberapa hari ini, ada tiga sampai delapan orang yang dipecat,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster