Perdagangan dan Hotel Jadi Primadona, Target Investasi Rp 3 Triliun

 183 total views,  2 views today

PALEMBANG – Tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menargetkan meraup Rp 3 triliun, dari investasi. Angka ini naik dibandingkan realisasi investasi pada 2013 yang mencapai Rp 2,486 triliun, dari 29 investasi penanaman modal dalam negeri dan satu penanaman modal asing.

Adapun investasi itu di sektor perdagangan, perhotelan, jasa perbankan, perkantoran, pertambangan, dan lembaga pendidikan. “Mayoritas investasi di bidang perdagangan dan jasa perhotelan, menyumbang lebih dari 50 persen dari nilai investasi,” ujar Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah Kota Palembang, Ridwan, belum lama ini seperti dikutip buletinmetropolis.com.

Ia memperkirakan tahun ini bidang perdagangan, pariwisata dan perhotelan tetap mendominasi dalam investasi. “Sudah ada lima hotel yang segera beroperasional di Kota Palembang, di awal tahun ini. Seperti Hotel Horison, Hotel Amaris, Hotel Tunes, Hotel Sky Park, dan Hotel Swiss. Dipastikan nilai investasi dari hotel-hotel tersebut akan masuk pada tahun ini dengan asumsi sekitar Rp200-Rp300 miliar per unit,” terang Ridwan.

Pemkot, ujar Ridwan, akan memberikan kemudahan regulasi, perizinan, pembukaan lahan agar investor tertarik mengembangkan bisnisnya di Palembang. Selain itu, pemerintah melalui dinas terkait juga akan melakukan upaya revitalisasi pada sejumlah titik strategis. Antara lain, kawasan Pasar 16 Ilir, Pasar Kilometer 5, Lapangan Hatta, Stadion Kamboja, objek wisata Pulau Kemaro dan lain-lain.

“Selain itu, kita juga akan bermain pada kebijakan fiskal. Artinya, para investor juga berkemungkinan dalam menanamkan modalnya pada bidang revitalisasi. Bagaimana regulasinya tentunya akan kita atur,” ucapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Palembang, Romi Herton mengungkapkan untuk menunjang iklim investasi di Kota Palembang, khususnya di bidang pariwisata, Pemerintah terus melakukan revitalisasi di sepanjang kawasan sungai Musi. Salah satunya dengan menggagas pembangunan Water Front City.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster