Perangi Narkoba, 175 Siswa Jalani Tes Urine

 90 total views,  2 views today

Ilst. Test Urine

Ilst. Test Urine

PAGARALAM – Sebagai upaya membentuk suatu komitmen dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkoba di  lingkungan pendidikan, pihak Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pagaralam melaksanakan tes urine terhadap 175 siswa.

“Hal itu dipandang perlu untuk dilaksanakan guna meminimalisasi angka penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungan pendidikan,” ujar Kepala BNN Kota Pagaralam, Sudran Gafar SSos MM melalui Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat (Dayamas) Gunawan SE, Selasa (4/3).

Menurutnya, melalui hasil tes urine itu nantinya akan  diketahui apakah ada seorang siswa positif atau negatif mengunakan narkoba. Kendati demikian, pihak BNN Kota Pagaralam siap melakukan pembinaan bila ada ditemukan pelajar yang positif menggunakan narkoba.

“Kalau didapati adanya pelajar yang positif menggunakan narkoba, kepada yang bersangkutan akan dilakukan pendekatan secara persuasif dan edukatif. Pihak BNN juga akan menggali informasi lebih mendalam kepada anak dimaksud tentang pergaulannnya selama ini,” jelas Gunawan.

Lanjutnya, dari hasil tes urine ini akan dijadikan bahan evaluasi guna mengetahui tingkat peredaran dan penyalagunaan narkoba di Pagaralam, terutama di kalangan pelajar.

“Kita mengharapkan  kepada seluruh pelajar agar dapat ikut serta dalam rangka mewujudkan  lingkungan bebas dari narkoba terutama di kalangan pelajar,” katanya seraya berujar jika dari hasil tes ada yang positif menggunakan narkoba, maka angka pengguna narkoba tergolong tinggi di wilayah Pagaralam.

Ia menambahkan, untuk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dan obat terlarang lainnya, baik secara global maupun nasional,  sejauh ini kian meningkat. Termasuk pula di kalangan pelajar itu sendiri, sehingga peningkatan itu dapat berdampak buruk dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Terpisah, Kepala SMA Negeri 3 Amalhan SPd menegaskan,   kegiatan  ini digelar  mulai dari siswa kelas  10, 11 dan 12 atau sebanyak 175 siswa dari 580 siswa yang menjalani tes urine.

“Tes urine ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya setelah sebelumnya 405 siswa lain sudah dites beberapa bulan lalu. Meski begitu, semua ini dilakukan guna menekan angka penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba terutama di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Pada prinsipnya kata Amalhan, pihaknya selalu siap melaksanakan kegiatan ini guna menyelamatkan generasi muda dari pengaruh buruk narkoba. Apalagi di Sumatera Selatan masuk peringkat tertinggi kasus penyalahgunaan  narkoba yang kebanyakan didominasi para pelajar.

“Langkah ini bertujuan untuk mencegah dan menekan angka pengguna narkoba di kalangan pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa. Selain itu banyaknya kasus peredaran narkoba di lapisan masyarakat akhir-akhir ini banyak melibatkan kalangan pelajar khususnya,” kata Amalhan seraya berkata tes urine yang digelar pada 3 Maret lalu dapat berjalan tertib dan lancar, sehingga hal itu dapat dijadikan suatu pembelajaran berharga  baik  para  guru dan  pembinaan khususnya para pelajar.

 

TEKS      : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster