MTQ XXVI Momen Peningkatan Peran Masyarakat

 363 total views,  2 views today

Bupati OKI, Iskandar SE membuka perhelatan MTQ ke XXVI tingkat Kabupaten OKI di Kecamatan Jejawi

Bupati OKI, Iskandar SE membuka perhelatan MTQ ke XXVI tingkat Kabupaten OKI di Kecamatan Jejawi

KAYUAGUNG Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir memiliki komitmen untuk menjadikan event MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) XXVI tingkat Kabupaten OKI tahun 2014 sebagai upaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan terutama pembangunan keagamaan dengan berlandaskan iman, moral dan akhlak. Sesuai dengan tema MTQ XXVI Tingkat Kabupaten OKI tahun 2014.

“Dengan MTQ XXVI Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ilir Tahun 2014 Kita Tingkatkan Peran Serta Masyarakat Dalam Pembangunan Mental Spiritual Berlandaskan Iman, Moral dan Akhlak,” kata Bupati OKI Iskandar.

Ia berkata, indikator keberhasilan MTQ tidak dilihat dari faktor kesemarakan semata. Namun yang lebih penting yaitu implementasikan  nilai-nilai nilai-nilai luhur terkandung dalam Alquran  dapat diwujudkan di kehidupan masyarakat OKI.

MTQ dilaksanakan di Kecamatan Jejawi dan tidak dilaksanakan di Ibu Kota Kabupaten agar syiar MTQ dapat benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat. Ke depan pelaksanaan even-even skala kabupaten akan dilaksanakan di desa-desa agar masyarakat berperan serta dalam setiap kegiatan tentunya sesuai dengan potensi di daerah.

Laporan dari Panitia penyelenggara, Drs. Zulkarnaen diketahui, MTQ Tingkat Kabupaten OKI tahun 2014 diikuti oleh seluruh kafilah dari 18 Kecamatan se Kabupaten OKI, dengan jumlah peserta sebanyak 523 orang. MTQ dilaksanakan di Masjid Masjid At Tohirin Jejawi selama 5 hari, dari tanggal 3 sampai 8 Maret 2014. Adapun cabang MTQ  yang di lombakan, : 1. Tilawah anak-anak/remaja 2. Hifdzil 1 Juz dan 5 juz, 10 juz, 20 juz, 30 juz. 3. Tartil Qur’an anak-anak 4. Syarhil Qur’an. 5. Fahmil Qur’an. 6. Khotil Qur’an. 7. Tafsir Bahasa Indonesia/arab/inggris  8. MK2Q. Makrok atau tempat perlombaan antara lain Masjid At Tohirin (arena utama), SD I Dusun IV Jejawi, Balai Kecamatan, Masjid Taqwa, Balai Desa Jejawi. Pemondokon peserta home stay di 53 rumah warga yang di pilih panitia.

Acara pembukaan MTQ Tk. Kabupaten OKI ini dihadiri Ketua DPRD OKI, FKPD, Wakil Bupati OKI, Alim Ulama, Ketua LPTQ Kabupaten OKI, Ketua TP PKK, Alim ulama, Ketua MUI, dan Ketua NU. (ADV)

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster