Mewujudkan Jembatan Musi IV

 218 total views,  2 views today

KETIKA ada pihak yang memprediksi usia jembatan Ampera tak lebih 10 tahun mendatang. Tentu banyak di antara yang berpikir kalau akhirnya jembatan itu roboh betapa besar efeknya terhadap kondisi lalu lintas di Palembang. Sebab jembatan yang sangat terkenal ini menjadi urat nadi lalu lalang warga Palembang dari ulu ke ilir dan sebaliknya.

Oleh karena itu tak pelak pembangunan jembatan Musi IV menjadi sangat urgen untuk dilaksanakan. Berkaitan dengan hal itu Kepala Bappeda Kota Palembang, Sumatera Selatan Sapri Nungcik mengatakan enam hektare lahan akan dibebaskan untuk proyek pembangunan Jembatan Musi IV.
Menurut dia pembebasan lahan masih dalam tahap persiapan dan akan dilaksanakan oleh Badan Pertanahan Nasional Sumatera Selatan.

Dalam  hitungan sementara lahan yang akan dibebaskan mencapai enam hektare di wilayah Seberang Ulu tepatnya berada di kawasan 14 Ulu atau Sungai Kangkang dan Seberang Ilir Sungai Jeruju. Sedangkan ukuran pasti luas lahan yang akan dibebaskan tersebut tentunya akan dihitung oleh BPN sebagai pelaksana inventarisir dan pengukuran. Namun hitungan awal  sekitar 40 unit rumah di kawasan Seberang Ulu akan dibebaskan.

Sementara di wilayah ilir atau dekat Sungai Jeruju tidak banyak rumah yang akan dibebaskan.  Mengenai  persiapan akan dilakukan secepatnya dan dijadwalkan membutuhkan waktu sebulan. Selanjutnya, pelaksanaan inventarisir dan pengukuran untuk menentukan berapa persil yang akan diganti rugi. Untuk itu Pemkot  Palembang menganggarkan dana pembebasan lahan sebesar Rp10 miliar.

Sementara Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Jalan dan Jembatan Metropolis Palembang Kementerian Pekerjaan Umum, Junaidi mengatakan mulai Juli sampai Desember 2014 pihaknya akan menyelesaikan pembangunan konstruksi di seberang ilir.

Selanjutnya, tahun 2015 pengerjaan kontruksi di bagian Ulu tepatnya di kawasan Sungai Kangkang dan konstruksi air.  Proyek Jembatan Musi IV tersebut menggunakan dana APBN sebesar Rp585 miliar dan ditargetkan selesai akhir tahun 2016.

Jembatan tersebut panjangnya mencapai 700 meter ditambah jalan penghubung sehingga totalnya hingga 1,4 kilometer. Kita mengharapkan proses pembangunan tersebut dapata berjalan dengan lancer. Sebab keberadaan Jembatan Musi IV sangat penting maknanya bagi masyarakat p Palembang dan Sumatera Selatan serta semua daerah lain  yang lalu lalang di wlayah ini. Semoga. (Sarono P Sasmito)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster