Geram, Ayah Korban Pukul Tersangka

 643 total views,  2 views today

Proses rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Dian Ramadan (15), siswi Sekoalh Menengah Atas (SMA), yang dilakukan oleh pacarnya sendiri Ikbal (16), sempat diwarnai kericuhan

Proses rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Dian Ramadan (15), siswi Sekoalh Menengah Atas (SMA), yang dilakukan oleh pacarnya sendiri Ikbal (16), sempat diwarnai kericuhan

PALEMBANG – Proses rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Dian Ramadan (15), siswi Sekolah Menengah Atas (SMA), yang dilakukan oleh pacarnya sendiri Ikbal (16), sempat diwarnai kericuhan, Selasa (4/3).

Pasalnya, ayah korban, Iswanto (40), geram dan sempat memukul tersangka yang tega menyetubuhi dan membunuh anak kesayangannya.

Beruntung, kericuhan tersebut tidak lama lantaran sebanyak satu peleton anggota Polresta Palembang dan Polsekta Sukarame diturunkan, untuk mengamankan rekontruksi tersebut.

Pantauan dilapangan, sebanyak 25 adegan rekosntruksi yang ditampilkan di Tempat Kejadian Perkara (TKP), dimulai dari pukul 10.45 WIB, hingga pukul 11.45 WIB itu.

Dalam rekosntruksi tersebut, turut menghadirkan tersangka tunggal, saksi dan dibantu oleh seorang anggota polisi yang memerankan sebagai korban.

Saat rekontruksi digelar, ratusan warga memenuhi TKP, untuk menyaksikan adegan demi adegan. Adegan pertama dimulai  pertama kali saat tersangka menyetubuhi korban Minggu, 22 Desember 2013 lalu hingga adegan ke-3.

Adegan ke-4, tersangka Ikbal datang ke lokasi dengan megendarai sepeda motor Jupiter MX, BG 3699 ZS. Pada adegan ke-5, korban datang menemui tersangka Ikbal di TKP dengan sepeda motor Supra X 123, BG 3226 ZS.

Selanjutnya pada adegan ke-6, korban menemui  dan tersangka Ikbal hanya diam dan sambil mengririmkan pesan singkat (SMS). Di adegan ke-8, tersangka Ikbal menjauhi Korban dengan pindah tempat duduk dari sepeda motor milikya ke bawah pohon akasia yang ada didekatnya.

Melihat hal itu, tersangka  Ikbal mengirim pesan singkat ke Yatin untuk datang ke TKP.

Pada adegan ke-14, tersangka Ikbal mengejar korban hingga samapai ke pinggir kolam galian. Tersangka Ikbal lalu mendekati korban dan menyapa korban dengan memegang bahu korban dari belakang.

Pada adegan ke-18, korban berdiri dan saling berhadapan dan pada adegan ke-19, keduanya saling memegang rambut berjambak-jambaan di pinggir kolam galian.

Pada adegan ke-20, saat tersangka melepas rambut korban, korban pun terjatuh ke dalam kolam hingga tengelam.

Pada adegan ke-21 hingga adegan ke-24, tersangka berusaha menolong korban yang tenggelam, hingga pada adegan ke-25, tersangka meninggalkan korban yang tenggelam dan mendatangi rumah Yatin untuk bertanya rumah korban Dian.

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Kota Palembang, Adi Sanghadi mengatakan, korban dan tersangka sama-sama dibawah umur, sehingga akan diproses sesuai hukum dan keduanya akan tetap kami dampinggi hingga selesai proses hukum.

Kapolsek Sukarame Imam Turmudi mengatakan rekontruksi berjalan lancar pegamanan 1 peleton di pimpin oleh  AKP Sabri. “Secepatya kita legkapi agar bisa di limpahkan ke pegadilan. Tersangka di jerat dengan pasal 338 dan  531 KUHP selain itu juga UUD Perlindugan anak 22,  81 ayat 2,” tuturnya.

Ayah korban Iswanto mengatakan saya masih kurang puas dengan rekontruksi yang dilakukan, karena masih banyak kejanggalan,

“Jenazah anak saya saat dimandikan, keluar darah dari telingga dan hidung, namun saat rekontruksi tidak ada peganiayaan yang dilakukan tersangka,” kata Iswan

Lanjutnya, rekontruksi ini perlu di ulang untuk mendapatkan kejadian aslinya, semuanya yang di lakukan tadi hanya pembohogan yang dilakukan pelaku.

Sementara saksi Yatin meggatakan, untuk kejadian sebenarnya kurang mengetahui dengan pasti. “Yang jelas Dian bisa berenag. Saya tidak percaya kalau Dian meninggal karena teggelam, karena dia (dian), setahu saya bisa berenag, sementara Ikbal juga anaknya baik,” kata Yatin.

 

Teks      : Oscar Ryzal

Editor    : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster