304 Surat Suara Rusak

 138 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

INDRALAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Ogan Ilir (OI) menemukan sebanyak 304 surat suara dinilai rusak, lantaran terdapat bercak tinta dibeberapa sisi. Hal itu dikhawatirkan dapat menganggu konsentrasi pemilih, sehingga KPU OI melaporkan temuan tersebut ke ke KPU Sumsel dan KPU RI.

Data yang diperoleh, rincian surat suara yang dinilai rusak yakni surat suara untuk DPD RI sebanyak 137 lembar, DPR RI sebanyak 58 lembar, DPRD Sumsel sebanyak 109 lembar. Sedangkan surat suara untuk DPRD Kabupaten OI, belum dapat dipastikan lantaran masih dalam tahap pelipatan dan pensortiran surat suara.

Ketua KPU OI, Annahrir didampingi Komisioner KPU Divisi Logistik Keuangan dan Program Anggaran, Neli Eponi serta Kasubag Umum dan Logistik, Zawadi, mengatakan dalam surat suara yang ditemukan itu ada bercak tinta.

Meskipun dalam jumlah sedikit terangnya, dianggap surat suara tersebut cacat atau rusak. “Ada bercak dibeberapa sisi, yang kami nilai cacat atau rusak. Kami kita tidak ingin itu, mempengaruhi para pemilih. Untuk itu, kita laporkan ke KPU Sumsel dan KPU RI. Untuk yang sobek belum ditemukan,” terang Annahrir, Selasa (4/3).

Ia menambahkan, hingga saat ini surat suara yang sudah dilipat untuk DPD sebanyak 305 kotak, DPR RI 305 kotak, DPR Provinsi Sumsel sebanyak 305 kotak. Dimana masing-masing kotak berisi  1000 lembar.

“Sisanya, surat suara DPRD OI. Untuk dapil 1 sebanyak 72 kotak, dapil 2 sebanyak 56 kotak, dapil 3 sebanyak 85 kotak, dapil 4 sebanyak 50 kotak, dapil 5 sebanyak 44 kotak. Sehingga  total 1227 kotak  atau dus surat suara,”  sebutnya.

Komisioner KPU OI Divisi Logistik Keuangan dan Program Anggaran, Neli Eponi menambahkan, KPU OI membutuhkan sebanyak 4100 kotak suara. “Rinciannya, setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) ada  empat kotak suara. Guna mengantisipasi kekurangan, kita meminjam kotak suara ke KPU Palembang, sebanyak  500 buah,” tuturnya.

Sementara untuk penggunaan kotak suara berbahan kardus kedap air, hanya diperuntukkan di wilayah perkotaan seperti Kecamatan Inderalaya, Inderalaya Utara dan Inderalaya Selatan. “Sedangkan untuk wilayah yang jauh dan perairan, digunakan kotak kaleng. Kita harapkan pelaksaan pileg, April nanti berjalan lancar,” tukasnya.

 

TEKS              : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster