UMK tak Berlaku untuk Honorer

 161 total views,  2 views today

PALEMBANG – Upah Minimum Kota (UMK) Palembang, yang telah ditetapkan sebesar Rp 1.850.000, ternyata hanya berlaku untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan semua perusahaan swasta saja.

Sementara untuk pekerja yang bekerja di lingkungan pemerintah atau yang yang biasa disebut tenaga kerja non Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) atau honorer, tidak berlaku. “ Karena untuk gaji mereka, tergantung kebijakan kepala daerah,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Palembang, Gunawan, Senin (3/3).

Menurut Gunawan, tidak diberlakukannya UMK bagi non PNSD tersebut, dikarenakan Undang-undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan tidak mengatur pekerja yang bekerja di lingkungan pemerintah. “Jadi, besaran gaji yang diterima non PNSD, tidak bisa disamakan dengan pekerja BUMN, BUMD maupun pekerja perusahaan swasta lainnya,”bebernya.

Lebih jauh Gunawan menjelaskan, pekerja non PNSD itu sifatnya membantu kegiatan pemerintah. Sehingga apabila ada non PNSD yang menuntut gaji besar, sebaiknya sebut Gunawan, tidak bekerja di pemerintahan sebagai non PNSD. “Tugas non PNSD itu kan membantu kegiatan pemerintah, yang sifatnya sukarela. Kalau mau meminta gaji lebih, bekerja di tempat lain saja,” sarannya.

Disinggung apakah pekerja non PNSD mendapatkan jaminan kesehatan? Gunawan menjawab, kalaupun pemerintah tidak bisa mengcover kesehatan para pekerja non PNSD, sebaiknya mereka mendaftar sendiri ke BPJS. “Atau bisa juga melalui kepala SKPD yang mendaftarkan jaminan kesehatannya kepada BPJS,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang honorer di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang yang enggan disebutkan namanya mengaku, gaji yang diterimanya saat ini tidak sesuai dengan UMK yang sudah ditetapkan Pemkot Palembang.

Ia berharap, gajinya dan rekan-rekannya sesama honorer yang lain dapat dinaikkan. “Gaji saya, tidak sesuai dengan UMK 2014. Saat ini, gaji saya sebagai pegawai non PNSD hanya Rp 1,2 juta, kalau bisa dinaikkan seperti UMK,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster