Perpres Tol Masih Disempurnakan

 249 total views,  2 views today

PALEMBANG – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Bappenas RI, memastika jika Perpres sebagai payung hukum untuk pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Highway sedang dalam proses penyempurnaan.

Hal ini diungkap Kepala Bappenas, Armida S Alisjahbana. Menurutnya, penyempurnaan tersebut merupakan keinginan dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU). “Draft Perpres masih dalam penyempurnaan, karena ada beberapa masukan dari Kementerian PU terkait proses pembangunan,”  kata Armida yang dibincangi di di Pasca Sarjana Unsri, kemarin (3/3).

Penyempurnaan itu terang Armida, agar pengerjaan jalan tol tersebut dapat berlangsung lebih cepat. Karena nantinya tak hanya PT Hutama Karya saja, yang melakukan pembangunan. “Itu dilakukan supaya memungkinkan pihak lain melakukan pembangunan tol juga, jadi tak hanya Hutama Karya saja,” tegasnya.

Jika proses itu sudah dilalui, maka cita-cita Sumatera untuk memiliki jalan penghubung antar daerah dapat segera terwujud. “Kalo itu sudah diselesaikan, maka pihak-pihak terkait sudah bisa action langsung melakukan pengerjaannya,” ucap Armida.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, Pemprov Sumsel sangat serius mewujudkan jalan tol Palembang-Inderalaya, yang menjadi bagian dari Trans Sumatera Highway dari Lampung ke Aceh tersebut.

Pemprov Sumsel sambungnya, telah melakukan sosialisasi rencana pembangunan jalan tol berikut jalur yang akan dilewati untuk jalan alternatif lintas timur ke arah Inderalaya ini. “Pembebasan lahan sudah, bahkan dana untuk ganti rugi sudah sempat dianggarkan dalam APBD,”bebernya.

Tapi dengan tak kunjung terbitnya Perpres tersebut, rencana membangun tol ini jadi terkatung-katung. Alex bahkan berandai, jika ada kewenangan lebih yang diberikan pusat kepada Sumsel maka pembangunan jalan tol itu, sudah terealisasi.  “Kalau wewenang lebih itu ada, kami pastikan jalan tol ini sudah terlaksana pembangunannya,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster