Gawat, Trafo Listrik Sering Timbulkan Api

25 total views, 3 views today

Keberadaan trafo listrik ditengah-tengah pemukiman warga kerap menimbulkan percikan api. Warga mendesak PLN segera memindahkan trafo tersebut.

Keberadaan trafo listrik ditengah-tengah pemukiman warga kerap menimbulkan percikan api. Warga mendesak PLN segera memindahkan trafo tersebut.

PALI – Warga RT 07, RW 03, Talang Pipa, Kelurahan Talang Ubi Barat, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematan Ilir (PALI), diresahkan dengan keberadaan trafo listrik yang kerap menimbulkan percikan api di wilayahnya.

Percikan api tersebut sangat membahayakan dan berpotensi menimbulkan kebakaran. Warga berharap, Perusahaan Listrik Negara (PLN), Rayon Pendopo segera mengambil langkah untuk memperbaiki trafo tersebut akar tidak menimbulkan korban.

Keluhan tersebut seperti dituturkan oleh Siti Julaiha yang rumahnya berada persis dihadapan trafo listrik. Dirinya sering ketakutan karena trafo tersebut sering mengeluarkan api yang diikuti dengan padamnya listrik di daerah itu.

“Kalau trafonya meledak, biasanya lampu disini padam mendadak. Kami ketakutan, takut rumah kami terbakar Pak” ujarnya kepada Kabar Sumatera, Senin (3/3).

Menurutnya, warga yang berdiam di sekitar trafo listrik tersebut sudah berulang kali mengusulkan untuk memindahkan trafo tersebut. Entah kenapa sampai saat

ini belum juga dipindahkan. “Tidak terhitung lagi berapa kali usulkan, tapi tidak ada tindakan,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Romi, warga yang juga berada disisi jalan tersebut. Romi yang berprofesi sebagai pedagang mengaku takut kejadian pada tahun 1979 teruang kembali. Menurut dia, saat itu separuh daerah itu habis ludes dimakan api.

“Tahun 1979 disini pernah terjadi kebakaran. Makanya kalau melihat api, kami trauma. Kami mohon PLN bersedia menggeser trafo itu jangan sampai deket nian dengan rumah kami,” ujarnya

Sementara itu, Rasyid, Manajer PLN Rayon Pendopo kepada Kabar Sumatera mengatakan, pemindahan trafo tersebut sudah masuk dalam rencana kerja tahun 2014 ini.

“Keluhan warga tersebut sudah kita ketahui. Bahkan sudah kita rencanakan untuk kita geser ke seberang jalannya. Beberapa bulan ini pasti kita kerjakan,” tegas Rasyid.

Rasyid berharap, warga untuk bersabar karena pihaknya pasti akan menyelesaikan pemindahan tersebut.

 

Teks      : Indra Setia Haris

Editor    : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com