Belum Setahun Diperbaiki Jalan Poros Sungai Jeruju Rusak Lagi

 1,004 total views,  2 views today

Jalan poros di 7 Desa di Kecamatan Cengal  kini alami rusak berat.

Jalan poros di 7 Desa di Kecamatan Cengal kini alami rusak berat.

KAYUAGUNG – Jalan Poros menuju Desa Sungai Jeruju, Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kondisinya cukup memprihatinkan, padahal jalan poros untuk tujuh desa di dalam Kecamatan Cengal itu sudah diperbaiki menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten OKI tahun 2013 yang lalu.

Pantauan Kabar Sumatera, jalan poros tersebut merupakan satu-satunya jalan menuju desa sungai Jeruju dan 6 desa lainnya di dalam Kecamatan Cengal, mulai dari desa Cengal sampai Desa sungai Jeruju terdapat puluhan titik yang rusak berat, kondisi tanah kuning yeng berlumpur sangat menyulitkan pengedara baik mobil maupun sepeda motor yang melintas.

“Kalau mobil yang tidak doble gardan, maka sulit untuk melintas pak, apalagi kendaraan bermotor, maka pengedaranya harus memapah kendaraannya, jika tidak  dipapah maka pengedara motor bisa jatuh di dalam lumpur,” kata Nedi warga desa Sungai Jeruju  yang sering melintas di jalan tersebut.

Menurut Nedi, jalan itu merupakan jalan poros tujuh desa, mulai dari Desa Cengal, desa Simpang empat, Desa Tanah lengket, Desa Tanjung Harapan, Desa Kebun Cabe, Ulak kedondong, Desa Balam dan Sungai Jeruju.

”Masyarakat di tujuh desa ini kalau mau ke kecamatan Cengal, tidak ada jalan lain, selain menggunakan jalan poros ini, kalau kondisi jalan seperti ini sangat mengganggu transportasi Masyarakat,” jelasnya.

Masyarakat berharap Pemerintah dapat membangun jalan itu dengan cara di aspal, karena jika tidak di Aspal maka kerusakan itu tidak bisa di hindarkan.” Memang tahun 2013 kemarin jalan itu dibangun, tetapi Cuma di padatkan saja pakai batu, kalau memasuki musim hujan, jalan itu rusak lagi dan tetap berlumpur,  seharusnya jalan itu mesti di aspal,” terangnya.

Kepala Dinas Pekerjaan umum Bina Marga (PUBM) Kabupaten OKI Symasul Bahri, membenarkan ada beberapa titik jalan poros 7 kecamatan itu rusak.

”Kita sudah melihat kondisi jalan tersebut saat kita mendampingi pak Bupati melakukan kunjungan kerja sekaligus melantik kepala Desa di Sungai Jeruju beberapa waktu yang lalu, memang ada beberapa titik yang rusak karena hujan, “ kata Sayamsul.

Menurutnya memang tahun lalu jalan itu sudah diperbaiki, karena terkena hujan terus menerus, sehingga jalan menjadi rusak lagi.

”Pada 2013 Memang diperbaiki, tetapi hanya pengerasan saja memakai batu dan belum di aspal, selanjutnya akan kita anggarkan untuk di perbaiki lagi,” katanya.

 

TEKS       : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   ; RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster