XL Minta Pelanggan Wasdai Penipuan Melalui SMS

 246 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Masih maraknya peredaran SMS yang bertujuan untuk menipu pelanggan XL, kini XL memberikan beberapa panduan agar pelanggan setia XL tidak tertipu.

Senior Officer Corporate Communication XL Sumbagsel, Anom Riyanto mengungkapkan, bagi konsumen yang mendapatkan SMS tersebut dapat melaporkan hal tersebut  ke pihak kepolisian, Cek kebenaran informasitersebut secara langsung ke operator terkait melalui jalur resmi, Pelanggan bisa menghubungi 817, atau email customerservice@xl.co.id atau twitter @XLCare, Melaporkan hal tersebut  melalui SMS.

Dikatakannya, Pelanggan bisa mengirimkan (forward) SMS penipuan tersebut ke 588, gratis, Bersikap waspada dan hati-hati serta jangan mudah percaya, jangan tergiur dengan hadiah maupun iming-iming yang dijanjikan, dan jangan melakukan transfer uang.

“Kami berusaha konsisten menjaga kenyamanan pelanggan. Soal produk, program atau promosi berhadiah kami umumkan lewat situs resmi. Dalam setiap undian berhadiah, XL mengklaim akan menanggung 100 persen pajak hadiah pemenang,” katanya, Kamis (27/2).

Dia meminta agar masyarakat juga tidak mudah terpancing, lebih waspada, serta berhati-hati dan lebih cerdas, dalam menyikapi modus penipuan tersebut.

Tak hanya dari ponsel, penipuan juga terjadi di situs-situs palsu yang dibuat dengan mencatut nama operator atau perusahaan lain. Anom mengatakan, pihaknya sebenarnya sudah melakukan cara-cara untuk meminimalisir berkembangnya sms penipuan antara lain lewat sosialisasi.

“Dia mengajak konsumen agar peduli dengan tidak langsung menghapus isi pesan. Harapan kami adalah melapor ke polisi, karena 2 orang saja melaporkan nomor yang sama kita bisa blokir,” katanya.

Selain itu pemblokiran juga dilakukan jika nomor provider mengirim SMS ke nomor-nomor yang berurutan. Nomor tersebut akan diblokir sebagian, yakni tidak bisa pakai service SMS tapi masih bisa dipakai untuk bertelepon.

Keberadaan SMS berisi penipuan tak hanya meresahkan masyarakat. Sebagian dari penipu tersebut mencatut nama operator lain sehingga berdampak negatif terhadap image perusahaan operator seluler. Anom menyebut, belakangan banyak sekali komplain . “Pasti kita kena dampak terganggu karena banyak sekali komplain yang masuk. Pastinya berkaitan dengan image perusahaan,” ujarnya.

Untuk upaya pencegahan,  XL telah mengirimkan SMS broadcast kepada seluruh pelanggan untuk mewaspadai SMS penipuan ini. XL juga terus berkoordinasi dengan pihak berwajib untuk mengungkap pelaku penipuan dan penggunaan nama dan/atau atribut/logo tanpa izin pada website yang dipakai untuk penipuan, dan bekerja sama dengan perusahaan penyedia layanan blog/hosting untuk memblokir URL website palsu  tersebut.

“Sampaikan himbauan ini pada pelanggan, teman, keluarga, kerabat, serta masyarakat lainnya,” ajaknya.

TEKS      : AMINUDDIN

EDITOR   : ROMI MARADONA

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster