Reklame Rokok Masih Terpasang

 290 total views,  2 views today

Ilustrasi | Merdeka.com

Ilustrasi | Merdeka.com

PALEMBANG – Pemerintah melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109 tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif  berupa produk tembakau, dilarang dipasang di tempat umum.

Di metropolis, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang juga sudah melarang pemasangan reklame rokok di sejumlah ruas jalan protokol dan persimpangan, tetapi larangan itu nampaknya tidak dipedulikan.

Buktinya reklame rokok sampai saat ini, masih tetap terpasang di sejumlah ruas jalan protokol dan luput dari penertiban. Pantauan Kabar Sumatera, keberadaan reklame rokok tersebut misalnya terlihat di Jalan Mayor Salim Batubara, Sekip Bendung, simpang percetakan Rambang, Jalan KH Wahid Hasyim dan beberapa tempat lainnya.

Namun menurut Kepala Dinas Tata kota, Isnaini Madani, saat ini reklame rokok di sepanjang jalan protokol yang ada di kota empek-empek ini, sudah berkurang sekitar 80 persen. Sebelumnya sebut dia, hampir diseluruh jalan terpasang reklame rokok.

“Sejak dilaksanakannya PP Nomor 109 Tahun 2012 tersebut, kita tidak lagi mengizinkan pemasangan iklan rokok di jalan-jalan protokol. Ini tujuannya, untuk mendidik masyarakat hidup sehat dengan tidak mengonsumsi rokok atau produk berbahan tembakau tersebut,,” kata Isnaini, belum lama ini.

Isnaini menyebutkan, selain melarang pemasangan reklame produk rokok di jalan protokol, pihaknya juga mengingatkan untuk memasang baleho atau billboard dengan menempel di gedung. “Hanya, reklame kolektif yang boleh dipasang dengan menggunakan tiang. Selain itu wajib ditempel,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan (Dispenda) Palembang, Agus Kelana mengatakan, larangan pemasangan reklame rokok di jalan protokol tersebut sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

“Walaupun hal tersebut akan mengurangi pendapatan asli daerah (PAD), kami akan terus tertibkan berkoordinasi  dengan Sat Pol PP. Sekarang memang belum keseluruhan ditertibkan, tetapi tim kami terus bergerak untuk menertibkan rekalame tersebut,” tukasnya

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster