Pacu Kinerja Pegawai Dishub

 326 total views,  2 views today

Dishub-Bidik-500-Kendaraan

uji emisi kendaraan

INDERALAYA – Sumber Daya Manusia (SDM) pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ogan Ilir (OI), dinilai perlu untuk ditingkatkan lagi. Peningkatan diutamakan pada keahlian dan kemampuan bidang teknis.

Dozi Wardiansyah,  Bagian Penyusun Standarisasi Pelatihan Kementerian PSDM Pusat, saat  memberikan materi pada pelaksanaan uji emisi kendaraan di terminal Km 32 Timbangan Indralaya, Kamis (27/2)  menerangkan, pegawai maupun Tenaga Kerja Sukarela (TKS) di lingkungan Dishub OI perlu untuk ditingkatkan lagi.

“Saya menilai, SDM yang berjumlah 50 orang serta TKS-nya perlu untuk ditingkatkan lagi kemampuan kompetensi pegawai,” jelasnya.

Menurutnya, hal tersebut tentu saja harus ada perhatian dari pihak pemerintah setempat.  Pada kesempatannya sebagai narasumber penyampaian materi praktek langsung di lapangan kepada pegawai Dishub OI, Dozi menyampaikan bahwa pihaknya akan memberikan alat-alat operasional kepada Dishub OI seperti alat pengukur kecepatan (Speed Gun), Roll meter (alat pengukur panjang tinggi lebar kendaraan), counter (alat penghitung volume kendaraan di ruas jalan sekaligus untuk mengukur ketebalan kaca kendaraan) dan lain sebagainya termasuk alat pengukur tekanan angin ban kendaraan.

“Dengan harapan untuk kedepannya, dapat meningkatkan kinerja pegawai Dishub. Nantinya mereka bisa melakukan survei sendiri,” jelasnya.

Dia menyebutkan berdasarkan data Kepolisian, banyaknya kejadian lakalantas, kerugian yang diderita, ditenggarai jika banyaknya kendaraan yang tak laik jalan.

Menanggapi hal ini, Kepala Dishub Kabupaten OI, Drs H Mutarsyah mengakui pihaknya saat ini masih mengalami kekurangan dari sisi fasilitas untuk melakukan uji emisi kendaraan.

“Dengan adanya bantuan ini, kita sangat berterima kasih, hal ini tentu saja tidak terlepas dari usaha kita menunjuk pihak Kementerian,” ungkapnya.

Mustarsyah membantah jika pegawai Dishub OI dinilai masih kurang mahir. Namun dia mengakui jika jumlah pegawainya yang kurang.

“Yang pasti, kami sangat terimakasih atas masukan pihak pusat, kami akan berusaha lebih baik kedepan,” tukasnya.

Dalam uji emisi kemarin, tidak ada yang tidak memenuhi standar, semua bisa dikatakan baik, hanya saja ada beberapa kendaraan yang tidak memiliki standar, seperti tekanan angin ban yang kurang, lampu utama yang banyak mati, dan kekurangan lainnya.

“Tidak ada kendaraan yang kita kandangkan, ini sifatnya hanya ujicoba, memang ada beberapa kendaraan yang tidak standar, itu kita lewatkan saja, dan sedikit kita berikan arahan, agar diperbaiki.” tegas Kabid LLAJ, Yusrizal.

 

TEKS        : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster