e-KTP Tidak Bisa Dipalsukan

 214 total views,  2 views today

ektp

PALEMBANG – Terbongkarnya sindikat pemalsuan kartu tanda penduduk (KTP), ditanggapi serius oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Palembang. Kepala Disdukcapil Palembang, Ali Subri meminta masyarakat tidak perlu kuatir dengan pemalsuan KTP tersebut.

Ia menjamin, untuk elektronik KTP (e-KTP), tidak akan bisa dipalsukan. “Karena di dalamnya, ada chip yang berisikan data pemilik KTP. Chip itu sama seperti kotak hitam di pesawat, yang bisa merekam semua pembicaraan di kokpit pesawat,” jelasnya ketika dibincangi, Kamis (27/2).

“Pemalsuan KTP itu, memang sangat meresahkan. Namun kami belum tahu, KTP seperti apa yang mereka palsukan. Apakah yang dipalsukan itu e-KTP atau KTP yang lama,” sambungnya.

Namun sebut Ali, jika e-KTP yang dipalsukan maka akan sangat mudah diketahui yakni dengan melihat fisiknya. Dari bentuk warna, grafis garis dan garis di belakang e-KTP tersebut sebutnya, akan sulit dipalsukan.  “Dengan melihat fisiknya, kita bisa langsung tahu. Jadi tidak susah membedakannya,” terangnya.

Dalam kesempatan itu ia juga menerangkan, sampai 14 Februari lalu tercatat masih belum 100 persen wajib KTP di Palembang, yang melakukan rekam data. Yang terbanyak sebutnya, ada di Kecamatan Ilir Barat (IB) I.

Untuk pendistribusian e-KTP, ia juga mengakui belum 100 persen. “Keterlambatan ini memang dari pemerintah pusat, masyarakat yang belum mendapatkan e-KTP masih dapat menggunakan KTP  lama. Karena KTP tersebut berlaku sampai 31 Desember mendatang,” tegasnya.

Sebagai informasi, seperti diberitakan Kabar Sumatera, Polsek IT I Palembang, kemarin (26/2), membongkar sindikat pemalsuan KTP. Ada dua tersangka yang diamankan yakni Padilah (25), warga Pondok Gede, Pondok Bambu Kuning A3, RT 1, RW 4, Kecamatan Bokong Gede, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat dan Rian (34), warga Desa Terusan Menang, Kecamatan Sirah Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster