Alex Ajak AS Kerjasama, SBY Segera Teken Perpres KEK

 276 total views,  2 views today

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

PALEMBANG – Setelah sekian kali tarik ulur, isu mengenai penerbitan Peraturan Presiden (Pepres) tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-api (TAA), bisa terjawab. Dalam seminar Doing Bussiness with USA di Hotel Aryaduta, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan Perpres itu, akan segera terbit dalam minggu ini.

“Insya Allah, KEK TAA dalam satu minggu ini akan segera ditandatangani oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono,” terang Alex, ketika memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Menurutnya, pemprov akan mengajak Amerika Serikat (AS) untuk bekerjasama dalam mengembangkan kawasan tersebut. Ada sejumlah peluang bisnis sebut Alex, yang ditawarkan ke pengusaha negeri paman sam tersebut.

“Amerika Serikat, memiliki banyak keunggulan. Misalnya perusahaan yang terpercaya, memiliki aturan jelas dan kualitas yang tidak diragukan lagi. Terlebih telah banyak investasi Amerika di Sumsel,” jelasnya.

Ia mengatakan, pengusaha harus segera mencermatkan hal tersebut. Pasalnya, di TAA banyak sekali potensi. Mulai dari sumber energi dan ladang usaha lainnya. “Kita juga lengkapi fasilitas seperti akses, telekomunikasi, air bersih, listrik, gas, lahan, serta rasa aman untuk berinvestasi disana,” tegas Alex.

Menurut Alex, KEK TAA merupakan salah satu impian besar dirinya untuk membawa Sumsel kembali ke era kejayaan Sriwijaya. Selain KEK TAA, ada juga program pembangunan jalan tol Trans Sumatera dan jalur kereta api rel ganda (double track) dari Tanjung Enim ke TAA, yang di wujudkan.

Pemprov sebut Alex, terus mendesak pemerintah pusat untuk merealisasikan semua itu. Sebab semuanya adalah kewenangan pemerintah pusat.  “Saya bertekad, sebelum akhir masa jabatan saya di 2018 mendatang, semua yang saya citakan-citakan itu tercapai. Peluang ini yang harus ditangkap pengusaha,” ucap Alex.

Sementara itu USA Commercial Attache, Mr Jesse M. Lapierre mengatakan, Amerika sangat berminat menjalin kerjasama dengan Sumsel, khususnya dalam bidang peningkatan jumlah energi dan bisa membantu menjembatani Indonesia dengan Amerika.

Disinggung mengenai adakah rencana pihaknya berinvestasi di TAA yang direncanakan menjadi kawasan ekonomi khusus, Jesse mengaku akan membahas lebih lanjut dan detail untuk rencana investasi di TAA.

“Saya sudah mendengar soal TAA ini, rekan-rekan dari kedutaan sudah menyampaikan tentang potensi TAA. Ada seseorang dari sektor ekonomi dari kami, juga akan kembali kesini untuk membahas lebih lanjut potensi TAA,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster