Serahkan Laporan Dana Kampanye Tahap Dua, Parpol Dideadline Sampai 2 Maret

 165 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), mengancam akan memberikan sanksi kepada partai politik (parpol) dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), yang tidak memberikan laporan dana kampanye tahap dua.

Laporan tersebut menurut komisioner KPU Sumsel Divisi Hukum, SDM dan Pengawasan, Alexander Abdullah, paling lambat diserahkan oleh parpol peserta pemilihan umum (Pemilu) pada 2 Maret mendatang.

“Kita tidak akan mentolerir, jika ada parpol maupun calon anggota DPD yang tidak memberikan laporan dana kampanye tahap keduanya. Akan ada sanksi bagi parpol dan calon anggota DPD, yang tidak menyerahkan laporan tersebut,” kata Alexander yang dibincangi usai usai diskusi publik di gedung RRI Palembang, Rabu (26/2).

Sanksi nya sebut Alexander, yakni pencoretan sebagai peserta pemilu. Ini tegasnya, sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 17 tahun 2013. “Karena itu kita menghimbau semua parpol dan calon anggota DPD di Sumsel, untuk segera menyerahkan laporan dana kampanye tahap dua,” ucapnya.

Sementara itu komisioner KPU Kota Palembang Divisi Teknis dan Penyelenggara, Firamon Syakti menyebut, sampai saat ini belum ada satu pun parpol di Kota Palembang yang menyerahkan laporan dana kampanye tahap dua ke KPU Palembang.  “Tetapi itu wajar, sebab batas akhir penyerahan dana kampanye tahap kedua tersebut pada 2 Maret mendatang,” ucapnya.

Ia menyebut, jika sampai batas akhir tersebut ada parpol yang tidak menyerahkan laporan dana kampanye nya maka parpol tersebut terancam dicoret sebagai peserta pemilu sesuai dengan PKPU Nomor 17 tahun 2013.  “Kita masih menunggu laporan dana kampanye tahap dua tersebut, dari parpol,” ucapnya.

Ditempat terpisah calon anggota DPD, Darwin Azhar mengaku memang belum menyerahkan laporan dana kampanye tahap dua. “Memang belum, sebab saat ini masih disusun. Namun untuk laporan dana kampanye tahap pertama, sudah saya serahkan ke KPU Sumsel,” ujarnya.

Ia menegaskan, akan menyerahkan laporan dana kampanye tahap dua itu sebelum batas akhir penyerahan. “Secepatnya saya akan serahkan, karena memang saat ini sedang disusun,” tukasnya.

 

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR          : IMRON SUPRIYADI 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster