Penyegelan KPU Empat Lawang Disesalkan

 280 total views,  2 views today

kpu

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), masih menunggu laporan dari KPU Empat Lawang, terkait dengan kemelut yang terjadi akibat pergantian Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang berujung dengan disegelnya kantor KPU Empat Lawang oleh ratusan massa, Selasa (25/2) lalu.

Ketua KPU Sumsel, Aspahani mengaku mereka belum mengetahui kondisi yang sebenarnya sehingga terjadi penyegelan di kantor KPU Empat Lawang oleh ratusan massa tersebut. “Kami belum tahu kejadiannya, kita justru baru tahu dari media. Karenanya kita menunggu laporan dari KPU Empat Lawang, “ kata Aspahani ketika dibincangi, Rabu (26/2).

Ia menerangkan, KPU Sumsel belum bisa bersikap sebelum ada laporan kronologis kejadian dari KPU Empat Lawang. Jika itu sudah didapatkan, barulah KPU Sumsel sebutnya bisa memintai keterangan sejumlah pihak.

Namun terang Aspahi, KPU Sumsel tidak bisa melakukan intervensi. Sebab tidak garis komando dalam struktur KPU Sumsel dengan KPU kabupaten dan kota. Hubungan yang ada sifatnya sebut Aspahi, hanyalah koordinasi.

“Kita tidak ingin kejadian seperti di Banyuasin lalu, terulang. Sehingga dipertanyakan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Namun, jika diminta secara resmi oleh KPU Empat Lawang, barulah kita bisa bertindak,” tegasnya.

Aspahani berharap persoalan ini, segera diatasi oleh Pemkab dan DPRD Empat Lawang. “Kejadian ini, sebenarnya berawal dari persoalan di Sekretaris KPU setempat. Ada dua versi sekretaris KPU, pertama dari KPU Empat Lawang dan kedua dari Pemkab Empat Lawang. Kita akan coba melakukan mediasi, dan mempelajari persoalan ini secara utuh,” ucapnya.

Namun, Aspahani menyesalkan aksi penyegelan kantor KPU Empat Lawang, yang dilakukan ratusan massa tersebut. Sebab kata Aspahani, itu sudah menganggu aktivitas KPU Empat Lawang untuk persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg).

Sebagai informasi, Selasa (25/2), ratusan massa menyegel kantor KPU Empat Lawang. Akibatnya aktivitas di kantor KPU Empat Lawang menjadi lumpuh, namun segel tersebut kemarin sudah dibuka.

Pantauan Kabar Sumatera , beberapa staf dan komisioner KPU Empat Lawang sudah mulai beraktivitas seperti biasa. Sementara di depan kantor KPU, puluhan personil dari Polres Empat Lawang terlihat masih bersiaga.

 

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR          : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster