Dibekuk Saat Menunggu Korban, Alex & Tegar Gagal Lakukan Aksi ke Enam

 597 total views,  6 views today

Sat Reskrim Polres Muara Enim ungkap jaringan Komplotan Jambret

Sat Reskrim Polres Muara Enim ungkap jaringan Komplotan Jambret

MUARA ENIM – Kepolisian Resort (Polres) MuaraEnim, berhasil membongkar jaringan komplotan jambret yang sangat meresahkan masyarakat di Muaraenim selama ini.  Dua tersangka dibekuk di tempat yang sama, saat sedang menunggu calon korbannya di Pasar Tanjungenim, Kecamatan Lawang Kidul, Selasa (25/2) sekitar pukul 22.30 WIB.

Dari catatan kepolisian terungkap, kedua tersangka yakni, Alex Frendi (22), warga  Dusun II Desa Lambur, Kecamatan Tanjung Agung dan Tegar Hengki (21), warga  Dusun I Desa Pagar Jati, Kecamatan Tanjung, sudah beberapa kali melakukan aksi kejahatan.

Pertama di depan kompleks perumahan BTN Air Paku, Kecamatan Lawang Kidul, dengan korbannya Laksmi Retno Midarti. Keduanya berhasil menggasak tas sandang milik korban yang berisikan dompet warna hijau, handphone Blackbery warna putih, uang senilai Rp 462.300.

Aksi kedua dilakukan mereka juga di depan BTN Air Paku, Kecamatan Lawang Kidul, Mereka berhasil mendapatkan dompet warna hitam berisi uang sebanyak Rp 1.050.000, STNK sepeda motor Yamaha Seon, ATM.

Masih di tempat yang sama, mereka kembali berhasil mendapatkan dompet warna hitam berisi satu unit handphone Samsung warna putih, uang Rp 450.000, ATM Bank Mandiri. Di aksi ke empat, keduanya berhasil menggasak dompet warna hitam berisi uang Rp 96.000, handphone jenis Nokia 1112, KTP. Aksi terakhir, pelaku berhasil mencuri dompet warna coklat yg berisi uang Rp 93.000.

Namun di aksi ke enam, keduanya akhirnya harus bertekuk lutut dihadapan anggota Sat Reskrim Polres Muaraenim. Dari tangan kedua pelaku, petugas berhasil mengamankan hHP jenis Blackbery warna putih,  HP merek Samsung warna putih, ATM Bank Mandiri, dua unit sepeda motor yakni Honda Beat dan Honda Revo tanpa nomor polisi.

Dihadapan petugas, kedua tersangka mengaku sudah melakukan aksi kejahatan itu sejak beberapa bulan terakhir. Dalam melakukan aksinya, mereka terlebih dahulu mengincar calon korbannya. Setelah itu, barulah korban dibuntuti, saat korban lengah atau berada di jalan yang sepi, barulah mereka melancarkan aksinya.

“Kami berdua, baru berapa bulan terakhir ini pak, jambret. Biasanya, sasaran kami, perempuan yang membawa tas. Kalau berhasil, hasilnya kami bagi dua,” ucap Alex dan Tegar dihadapan penyidik.

Kapolres Muaraenim, AKBP Mohamad Aris melalui Kasat Reskrim, AKP Eryadi Yuswanto menyebut kedua pelaku, adalah komplotan jambret yang sudah meresakan warga. Sejumlah korban sebutnya, sudah menyampaikan laporannya ke Polres Muaraenim.

“Laporan itu kami tindak lanjuti, setelah melakukan penyelidikan akhirnya kita mendapatkan ciri-ciri kedua pelaku dan mengendus keberadaan mereka di Pasar Tanjung Enim. Saat itu, kedua tersangka sedang menunggu calon korbannya, saat kita amankan mereka tidak bisa berkutik,” beber Eryadi.

“Keduanya dalam beraksi, sering gonta-ganti patner agar mereka tidak mudah dikenali korbannya. Meskipun begitu, kita punya bukti keterangan korban yang dapat menjerat kedua tersangka,” tukasnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster