Cerita Rakyat PALI Akan Diangkat Kepermukaan

 818 total views,  2 views today

Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi H Zaibin SPd MPd

Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi H Zaibin SPd MPd

PALI – Setiap daerah pasti memiliki budaya daerah yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Biasanya seni tradisi itu tertuang dalam bentuk cerita rakyat yang diwariskan secara turun temurun.

Kebudayaan khas daerah ini akan diangkat kepermukaan oleh Pemerintah Kabupaten PALI, agar seni tutur ini bisa dilestarikan dan dibukukan. Adalah Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten PALI akan menjadi pelopor kegiatan tersebut.

“Biar lebih menarik, cerita rakyat ini akan kita lombakan,” kata H Zaibin SPd MPd kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi kepada Kabar Sumatera, Rabu (26/2).

Zaibin berencana akan melibatkan 71 desa yang ada di kabupaten PALI untuk berpartisipasi dalam lomba ini. “Kita ingin seluruh desa ikut berpartisipasi. Sebab masing-masing desa pasti punya seni sastra tutur yang menjadi cirri khas. Misalnya Desa Prambatan, pasti ada sejarahnya kenapa sampai dinamai Prambatan. Inilah yang ingin kita lestarikan” lata Zaibin.

Pelestarian seni budaya sastra tutur ini, dipandang Zaibin sangat penting. Karena setiap seni budaya sastra tutur yang berkembang ditengah masyarakat biasanya memiliki pesan moral yang terkandung didalamnya. Pesan moral atau kearifan local inilah yang akan dilestarikan dan dikembangkan kembali.

“Pesan moral ini yang ingin kita budayakan kembali agar menjadi bahan pembelajran masyarakat,” ungkapnya.

Setelah berhasil dikumpulkan melalui lomba, tidak menutup kemungkinan seni budaya ini akan dijadikan buku. “Tidak menutup kemungkinan akan kita jadikan buku, sehingga bisa dibaca anak-anak diseluruh kabupaten,” pungkasnya.

 

Teks      : Indra Setia Haris

Editor    : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster