Bantuan Rehab Rumah Distop

 184 total views,  2 views today

PALEMBANG – Masyarakat Sumsel yang mengharapkan bantuan relokasi rumah, di bantaran sungai dalam program pemulihan sosial harus gigit jari. Pasalnya, bantuan yang dilaksanakan pada 2013 lalu itu, harus di stop sementara lantaran adanya pengurangan alokasi dana yang dilakukan pemerintah pusat.

Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sumsel, MS Sumarwan mengatakan, pengurangan anggaran tersebut terjadi di Direktorat Perlindungan Sosial, Kementrian Sosial (Kemensos) RI. “Kementerian sendiri memang sedang fokus untuk menyukseskan Program Keluarga Harapan (PKH),” cetusnya ketika dibincangi, kemarin.

Oleh karena itulah, bantuan ini dihentikan secara sementara. Namun, jika terjadi sesuatu yang benar-benar mendesak apabila terjadi bencana yang menimpa rumah tersebut, maka akan dilaporkan pihaknya ke pemda setempat. “Kita laporkan ke gubernur, untuk menggunakan bantuan dana hibah untuk kejadian tak terduga,” ujarnya.

Bantuan ini sendiri yakni berupa pemberian uang sebesar Rp 15 juta per rumah tangga. Total penerima bantuan pada tahun kemarin, yakni mencapai 48 orang yang tersebar di empat kabupaten/kota di Sumsel.

Rinciannya yakni 13 di Palembang, 21 di Muba, 9 di OKI, dan 5 di Muaraenim. Sumarwan memastikan, program ini hanya dihentikan untuk sementara waktu saja. Ia berharap pada tahun yang akan datang, pemerintah pusat kembali menganggarkan bantuan serupa sehingga benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat yang rumahnya memang sudah benar-benar dalam kategori bahaya.

“Untuk mendapatkan bantuan ini, harus mengajukan prorosal terlebih dahulu seterusnya tima dari Dinsos Sumsel dan pihak terkait akan melakukan survey apakah bantuan itu layak untuk diberikan,” tegasnya.

Kepala Dinsos Sumsel, H Apriyadi mengatakan, rumah yang diberikan bantuan pada tahun lalu yang memiliki potensi roboh, dengan catatan tanah untuk rumah tersebut tidak bermasalah.“Semua bantuannya diberikan dalam bentuk cash transfer,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDOTOR        : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster