Amdal Palembang Icon Bermasalah

 871 total views,  2 views today

palembang-icon

PALEMBANG – Sampai saat ini ternyata, izin Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) di Palembang Icon yang berada di kompleks Palembang Sport and Convention Center (PSCC), masih bermasalah. Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Palembang, Tabrani mengatakan, saat ini memang Palembang Icon memang sudah mengajukan revisi amdal ke BLH.

“Namun hingga saat ini, masih belum selesai. Sebisa mungkin, amdal ini bisa diselesaikan, dan tidak merusak lingkungan yang ada,” kata Tabrani, Rabu (26/2).

Menurutnya, revisi Amdal Palembang Icon tersebut masih dalam proses. Sehingga penyelesaian proyek mal dan hotel, tergantung dengan hasil perubahan yang diajukan pengembang terhadap revisi Amdal yang diajukan.

Idealnya sebut Tabrani, Amdal sudah selesai sebelum proyek dilaksanakan. Namun, karena pembangunan mal dan hotel tersebut sempat bermasalah, maka diwajibkan membuat revisi Amdal.

Ia menerangkan, pengelolaan Amdal sangat di perlukan. Karena hal tersebut menyangkut keberlangsungan Kota palembang yang hijau dan asri. Amdal tersebut sambungnya, wajib dimiliki setiap pelaksanaan proyek pembangunan skala besar, seperti hotel, mal dan lainnya termasuk pembangunan kompleks perumahan.

“Amdal ini wajib dimiliki, jika tempat usaha seperti mal, hotel, perumahan atau yang lainnya tidak memiliki itu maka bisa disanksi penghentian operasional perusahaan tersebut atau penghentian aktivitas kegiatan pembangunannya,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Tata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, pihaknya sempat menghentikan pembangunan fasilitas intalasi pengelolaan air limbah (IPAL) di Palembang Icon, karena tidak sesuai dengan gambar pengajuan izin mendirikan bangunan.

“Ketika pengembang menyalahi aturan yang ada, dalam pembangunan maka akan kita lakukan penghentian pembangunan. Itu yang kita lakukan di Palembang Icon. Pengembang proyek itu, saat ini tengah melakukan revisi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), termasuk di dalamnya izin Amdalnya,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster